Varidlo, Fuad (2013) PERBEDAAN ANTARA MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAAN MEDIA ADOBE FLASH CS3 DENGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA KONVENSIONAL DI SMA NEGERI 2 KUDUS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
2 BAB 1.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
3 BAB 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4 BAB 3.pdf Download (952kB) | Preview |
|
|
Text
5 BAB 4.pdf Download (590kB) | Preview |
|
|
Text
6 BAB V.pdf Download (901kB) | Preview |
|
|
Text
7 LAMPIRAN.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan antara minat belajar peserta didik dalam pembelajaran PKn menggunakan media Adobe Flash cs 3 dengan pembelajaran PKn menggunakan media konvensional. (2) perbedaan antara prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PKn menggunakan media Adobe Flash CS 3 dengan pembelajaran PKn menggunakan media konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian experimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test, post-test control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 2 Kudus. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara random sampling, yaitu dua kelas yang dibagi menjadi kelompok eksperimen yaitu XI IPS 1 (29 peserta didik) dan kelompok kontrol yaitu XI IPS 2 (30 peserta didik). Instrumen yang digunakan adalah angket minat belajar dan tes prestasi belajar. Instrumen diuji dengan menggunakan uji validitas konstrak dan isi. Data dianalisis dengan menggunakan uji t, dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar peserta didik dalam pembelajaran PKn yang menggunakan media Adobe Flash CS 3 dengan pembelajaran Pkn yang menggunakan media konvensional. Minat belajar peserta didik dalam pembelajaran PKn yang menggunakan media Adobe Flash CS 3 lebih tinggi daripada minat belajar peserta didik dalam pembelajaran PKn yang menggunakan media konvensional dengan uji t taraf signifikan 5% dengan nilai 2,752 dan 2,000. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PKn yang menggunakan media Adobe Flash CS 3 dengan pembelajaran PKn yang menggunakan media konvensional. Prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PKn yang menggunakan media Adobe Flash CS 3 lebih tinggi daripada prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PKn yang menggunakan media konvensional dengan uji t taraf signifikan 5% dengan nilai 4,399 dan 2,000. Kata kunci: Adobe Flash CS 3, Minat belajar, Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
Date Deposited: | 22 Jul 2015 01:45 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:11 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23571 |
Actions (login required)
View Item |