PEMAHAMAN GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TINGKAT SMP TERHADAP KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN SLEMAN

Sidik, Ahmad (2014) PEMAHAMAN GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TINGKAT SMP TERHADAP KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL.

[img]
Preview
Text
JUDUL.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I II III IV V.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 1 2 3 4.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 5.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) tingkat SMP tentang Kurikulum 2013 di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PPKn tingkat SMP yang pada tahun ajaran 2013/ 2014 telah menerapkan Kurikulum 2013 di Kabupaten Sleman, yaitu, guru yang mengajar di SMP N 1 Prambanan, SMP N 3 Kalasan, SMP N 4 Kalasan, SMP N 1 Sleman, SMP N 2 Turi, dan SMP N 4 Pakem. Penentuan subjek dalam penelitian ini mengacu pada purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumenter. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Pelaksanaan triangulasi dilakukan dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Hasil observasi, wawancara, dan dokumenter dilakukan pengecekan. Kemudian teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data induktif, yang mana tahapannya meliputi pengambilan data, reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PPKn tingkat SMP di Kabupaten Sleman telah memahami Kurikulum 2013. Pemahaman tersebut diantaranya meliputi pemahaman pada Kompetensi Inti, Standar Kompetensi Kelulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian serta RPP dan Silabus. Hal tersebut dapat dilihat dari kemampuan guru yang dapat membangun pengertian atau memberikan penjelasan secara rinci mengenai Kurikulum 2013. Dokumen RPP yang dimiliki atau disusun oleh guru juga telah sesuai dengan ketentuan dalam Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 07 Jul 2015 03:20
Last Modified: 30 Jan 2019 00:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22834

Actions (login required)

View Item View Item