PENGARUH PEMANFAATAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TEMPEL

Oktavia, Winarsi (2012) PENGARUH PEMANFAATAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TEMPEL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
3.BAB I.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB II.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.BAB III.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.HALAMAN DEPAN.pdf

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB IV.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.BAB V+DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pemanfaatan LKS terhadap kemandirian belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tempel; (2) pengaruh pemanfaatan LKS terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tempel. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah Desain Random Control Group Pre-Test dan Post-Test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tempel. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara sampel acak, yaitu dua kelas yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (36 siswa) dan kelompok kontrol (34 siswa). Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar dan angket motivasi belajar. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas konstruk dan eksternal, serta uji reliabilitas dengan rumus Alpha’s Cronbach. Analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama terdapat perbedaan yang signifikan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tempel antara kelas yang menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan metode konvensional. Kemandirian belajar siswa yang menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) lebih tinggi daripada yang menggunakan metode konvensional dengan uji t taraf signifikansi 5% (0,000<0,05) diperoleh nilai = 5,481 dan 2,000. Kedua terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tempel antara yang menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan metode konvensional. Prestasi belajar yang menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) lebih tinggi daripada yang menggunakan metode konvensional dengan uji t taraf signifikansi 5% (0,000<0,05) diperoleh = 4,019 dan 2,000. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Metode onvensional, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 02 Jul 2015 00:36
Last Modified: 30 Jan 2019 00:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22214

Actions (login required)

View Item View Item