Ana Sri, Lestari (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 WATES. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
SKRIPSI_ANA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas penggunaan strategi pembelajaran inkuiri efektif dalam meningkatkan sikap percaya diri peserta didik kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 2 Wates (2) efektivitas penggunaan strategi pembelajaran inkuiri efektif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 2 Wates. (3) perbedaan sikap percaya diri peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 2 Wates dan (4) perbedaan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 2 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan menurut metodenya merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMA N 2 Wates. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan Paired T-Test dan Independent sampel T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran inkuiri efektif dalam meningkatkan sikap percaya diri peserta didik sebesar 17.05%. (2) Strategi pembelajaran inkuiri efektif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik sebesar 98.41% (3) sikap percaya diri peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional. (4) prestasi belajar peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Ekonomi FE |
Date Deposited: | 26 Jun 2015 01:15 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21496 |
Actions (login required)
View Item |