TANGGAPAN MAHASISWA GEOGRAFI ANGKATAN 2009 DAN 2010 TERHADAP MATA KULIAH PENDIDIKAN KARAKTER

Indriningtiastuti (2013) TANGGAPAN MAHASISWA GEOGRAFI ANGKATAN 2009 DAN 2010 TERHADAP MATA KULIAH PENDIDIKAN KARAKTER. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV _Autosaved_.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA ok.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Untitled-Scanned-01.jpg

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Untitled-Scanned-02.jpg

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Indriningtiastuti_NIM 08405241002.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa geografi terhadap: (1) Mata kuliah pendidikan karakter yang berdiri sendiri; (2) Isi materi pembelajaran pendidikan karakter; (3) Metode pembelajaran pendidikan karakter; (4) Manfaat pendidikan karakter; (5) Dampak pendidikan karakter terhadap perubahan perilaku mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa geografi angkatan 2009 dan 2010 sebanyak 224 mahasiswa. Jumlah sampel sebanyak 147 mahasiswa diambil dengan menggunakan teknik Nomogram Harry King. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan metode deskriptif kuantitatif menggunakan perhitungan mean (M), median (Me), modus (Mo), standar deviasi (SD) untuk mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap pendidikan karakter dengan kategori tanggapan sangat baik, baik, cukup dan kurang. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut : (1) tanggapan mahasiswa terhadap pendidikan karakter sebagai mata kuliah kategori sangat baik dan kategori baik yaitu sebanyak 92,5%, (2) Tanggapan mahasiswa terhadap isi materi pembelajaran pendidikan karakter kategori sangat baik dan kategori baik yaitu sebanyak 100%, (3) Tanggapan mahasiswa terhadap metode pembelajaran pendidikan karakter kategori sangat baik dan kategori baik yaitu sebanyak 91,2%, (4) Tanggapan mahasiswa terhadap manfaat pendidikan karakter kategori sangat baik dan kategori baik yaitu sebanyak 88,5%, (5) Tanggapan mahasiswa terhadap dampak perubahan perilaku mahasiswa kategori sangat baik dan kategori baik yaitu sebanyak 83,7%. Kata kunci : Tanggapan, Pendidikan Karakter, Pendidikan Geografi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 22:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18831

Actions (login required)

View Item View Item