EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PEMBATASAN USAHA WARALABA DI KOTA YOGYAKARTA

DEA, MERPATIASARI (2013) EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PEMBATASAN USAHA WARALABA DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PEMBATASAN USAHA WARALABA.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I-PENDAHULUAN.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II-KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III-METODE PENELITIAN.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV-HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V-PENUTUP.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dengan adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kebijakan pembatasan usaha waralaba di Yogyakarta. Kajian pustaka yang dipakai dalam penelitian ini adalah tentang kebijakan, implementasi kebijakan, efektivitas, pasar tradisional dan pasar modern, dan waralaba. Desain penelitian yang dipakai adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Bidang Regulasi dan Pengembangan Kinerja Dinas Perizinan, staff lapangan Dinas Ketertiban, staff bagian perdagangan dari Dinas Perindagkoptan, pedagang warung-warung tradisional, staff usaha waralaba berjejaring dan konsumen waralaba berjejaring. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Analisis data penelitian menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas kebijakan pembatasan usaha waralaba masih kurang dalam pelaksanaannya. Dilihat dari hasil pencapaian tujuan kebijakan pembatasan usaha waralaba terutama dalam pemberdayaan UMKM hal tersebut belum tercapai sehingga kebijakan tersebut belum efektif dari sisi target kebijakan. Hal tersebut disebabkan karena kurang lengkapnya ketentuan yang tercakup dalam kebijakan terutama dalam pasal pemberdayaan UMKM. Selain itu juga pelaksanaan kebijakan pembatasan usaha waralaba belum dilaksanakan berdasarkan keseluruhan ketentuan yang berlaku, yaitu adanya penonaktifan Tim Teknis saat kebijakan tersebut masih berlaku dan belum ada kebijakan lain sebagai penggantinya. Kata kunci : Efektivitas Kebijakan, Usaha Waralaba Berjejaring

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 22:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18701

Actions (login required)

View Item View Item