Fitri, Wijayanti (2013) PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI SAMSAT KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
1. Halaman depan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (210kB) | Preview |
Abstract
SAMSAT merupakan birokrasi penyelenggara pelayanan publik terkait pelayanan pajak kendaraan bermotor. Sebagai birokrasi yang memberikan pelayanan yang bertatap langsung dengan masyarakat sudah sewajarnya SAMSAT memberikan pelayanan yang memuaskan bagi wajib pajak kendaraan bermotor mengingat pajak kendaraan bermotor merupakan sumber pendapatan asli daerah yang berguna membiayai pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyelenggaraan pelayanan pajak kendaraan bermotor ditinjau dari indikator-indikator efektivitas, efisiensi, responsivitas, reliabilitas dan tangible, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung/ menghambat pelayanan pajak kendaraan bermotor di SAMSAT Kota Yogyakarta. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah pegawai di Samsat Kota Yogyakarta yang berkaitan dengan pelayanan pajak kendaraan bermotor serta wajib pajak kendaraan bermotor yang sedang mengakses pelayanan di SAMSAT Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini analisis data dimulai dari mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pelayanan pajak kendaraan bermotor di SAMSAT Kota Yogyakarta berjalan dengan efektif dan efisien dilihat dari pemberian pelayanan yang semakin cepat dan mudah dengan sistem real time online, pemberian pelayanan yang akurat/tidak ada kesalahan, serta disediakannya media pengaduan bagi wajib pajak yang ingin menyampaikan kritik dan saran. Meskipun begitu masih terdapat hambatan dalam pelayanan antara lain keterbatasan informasi, keterbatasan sarana dan prasarana, partisipasi masyarakat, dan calo. Kata Kunci: pelayanan publik, pajak kendaraan bermotor
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Administrasi Negara |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik |
Depositing User: | Admin Administrasi Negara FIS |
Date Deposited: | 20 May 2015 00:39 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18695 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |