IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) GUNA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS KELAS VII B DI SMP NEGERI 1 NGEMPLAK TAHUN AJARAN 2012/2013

Pratiwi Puji, Lestari (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) GUNA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS KELAS VII B DI SMP NEGERI 1 NGEMPLAK TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman pengesahan.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SKRIPSI.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III SKRIPSI.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV SKRIPSI.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VII B SMP Negeri 1 Ngemplak dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Selain itu, penelitian ini juga utnuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Terdapat tiga tahap dalam tiap siklusnya yaitu, perencanaan (planning), pelaksanaan (action) dan pengamatan (observation), serta refleksi (reflection). Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Ngemplak yang terdiri dari 32 anak. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan apabila rata-rata persentase tiap indikator aktivitas belajar siswa mencapai 75% dan apabila 75% peserta didik dari kelas VII B mencapai KKM 75 pada mata pelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada tiap indikator aktivitas belajar siswa. (1) siswa membaca materi yang akan dipelajari pada siklus I sebesar 37,50%, meningkat menjadi 78,13% di siklus II, (2) siswa berdiskusi dengan teman pada siklus I sebesar 78,13%, meningkat menjadi 87,50%, (3) siswa bertanya pada guru atau teman pada siklus I sebesar 50% meningkat menjadi 75%, (4) siswa menyimak penjelasan dari guru pada siklus I sebesar 56,25% meningkat menjadi 81,25%, (5) siswa membuat catatn tentang materi pelajaran pada siklus I sebesar 65,63% meningkat menjadi 84,38%, (6) siswa menanggapi pendapat dari guru/teman pada siklus I sebesar 59,38% meningkat menjadi 81,25%, (7) siswa mengerjakan tes dengan kemampuan sendiri pada siklus I sebesar 62,50% meningkat menjadi 90,63% pada siklus II, dan (8) siswa bersemangat mengikuti pelajaran pada siklus I sebesar 59,38% meningkat menjadi 81,25% pada siklus II. Peningkatan tertinggi pada indikator siswa membaca materi yang akan dipelajari. Peningkatan pada tiap indikator, maka meningkat pula aktivitas belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Ngemplak. Kata Kunci: Aktivitas belajar, STAD, IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 15 May 2015 03:20
Last Modified: 29 Jan 2019 22:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18575

Actions (login required)

View Item View Item