PENGGUNAAN MEDIA PRESENTASI POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 4 KALASAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Rahayu, Esti Lilla (2013) PENGGUNAAN MEDIA PRESENTASI POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 4 KALASAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Depan 09.12.042 Est p.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak 09.12.042 Est p.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I 09.12.042 Est p.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II 09.12.042 Est p.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III 09.12.042 Est p.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV 09.12.042 Est p.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V_DAFTAR PUSTAKA 09.12.042 Est p.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Lampiran 09.12.042 Est p2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Kalasan pada siswa kelas VII A terdapat permasalahan, yaitu rendahnya keterampilan berkomunikasi siswa dan guru mengajar belum menggunakan media yang menarik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan media presentasi PowerPoint dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa pada pembelajaran IPS di kelas VII A SMP Negeri 4 Kalasan tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian, yaitu kelas VII A di SMP Negeri 4 Kalasan tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus I ada dua pertemuan sedangkan siklus II ada satu pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila ratarata persentase indikator keterampilan berkomunikasi siswa mencapai 76% dan ada 76% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai 75 ketika mengerjakan soal tes. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Media Presentasi PowerPoint pada siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Kalasan mempunyai kontribusi yang tinggi terhadap Keterampilan Berkomunikasi Siswa ketika belajar IPS. Penggunaan Media Presentasi PowerPoint dapat meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Belajar IPS pada siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Kalasan tahun ajaran 2012/2013. Pada siklus I memperoleh rata-rata persentase indikator Keterampilan Berkomunikasi Siswa mencapai 73.89%. Adanya peningkatan persentase indikator Keterampilan Berkomunikasi siswa sebesar 5.88% dari siklus I ke siklus II. Pada siklus II rata-rata persentase indikator Keterampilan Berkomunikasi Siswa mencapai 79.77%. Penggunaan media presentasi PowerPoint juga berpengaruh pada hasil belajar siswa, dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Siklus I banyaknya siswa yang nilainya mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Mengajar) sebesar 64.51%, pada siklus II meningkat 16.14% yaitu sebesar 80.65%. Berdasarkan data di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini sudah dapat memenuhi kriteria keberhasilan 76%. Kata Kunci: Media Presentasi PowerPoint, Keterampilan Berkomunikasi Siswa, Belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 05 May 2015 07:09
Last Modified: 29 Jan 2019 22:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18188

Actions (login required)

View Item View Item