Pengaruh Subjek Specific Pedagogy Tematik Terhadap Karakter Sikap Hormat dan Tanggung Jawab pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar di SDN 007 Pangkalan Kerinci

Junaidi, junaidi (2014) Pengaruh Subjek Specific Pedagogy Tematik Terhadap Karakter Sikap Hormat dan Tanggung Jawab pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar di SDN 007 Pangkalan Kerinci. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-junaidi.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Subjek Specific Pedagogy (SSP) tematik dalam pembelajaran terhadap karakter sikap hormat dan tanggung jawab siswa kelas III sekolah dasar, (2) perbedaan karakter sikap hormat dan tanggung jawab antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan SSP tematik dan pembelajaran tidak menggunakan SSP tematik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent groups pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 007 Pangkalan Kerinci yang berjumlah 194 siswa yang terbagi dalam 5 rombongan belajar (rombel). Sampel dipilih sebanyak tiga kelas dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, dari 5 rombel yang ada dipilih secara acak, maka ditetapkan kelas 3a sebagai kelas eksperimen 1, kelas 3c sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas 3d sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik non-tes yakni observasi dan wawancara. Teknik observasi digunakan untuk mengamati dan mencatat perilaku peserta didik selama penelitian dan wawancara digunakan sebagai data pendukung terhadap nilai karakter peserta didik yang tidak dapat diamati pada saat observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perpasangan (paired t- tes) dan uji beda Independen T- tes dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh SSP tematik yang signifikan terhadap karakter sikap hormat dan tanggung jawab pada siswa kelas III SDN 007 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. (1) Perubahan nilai rata-rata observasi karakter sikap hormat sebesar 9,96% pada kelompok eksperimen I, sedangkan pada kelompok eksperimen II sebesar 12,38%. (2) Perubahan nilai rata-rata observasi karakter tanggung jawab sebesar 10,49% pada kelompok eksperimen I, sedangkan pada kelompok eksperimen II sebesar 9,49%. (3) Terdapat perbedaan karakter sikap hormat antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan SSP tematik dan pembelajaran tidak menggunakan SSP tematik perubahan hasil observasi hanya sebesar 0,63%. (4) Perbedaan karakter tanggung jawab antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan SSP tematik dan pembelajaran tidak menggunakan SSP tematik perubahan hasil observasi hanya sebesar 1,41%.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:45
Last Modified: 08 May 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11824

Actions (login required)

View Item View Item