Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Model Elaborasi Tipe preview, question, read, reflec, recite, dan review (PQ4R) terhadap Kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Muzzakir, Akhmad (2013) Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Model Elaborasi Tipe preview, question, read, reflec, recite, dan review (PQ4R) terhadap Kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
ABSTRAK TESIS KU.rtf

Download (56kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) keefektifan model pembelajaran cooperative tipe STAD terhadap kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, (2) keefektifan model pembelajaran elaborasi tipe PQ4R terhadap kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, (3) membandingkan keefektifan model cooperative learning tipe STAD dengan elaborasi tipe PQ4R ditinjau dari kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, menggunakan dua kelompok eksperimen dengan desain Counterbalanced Design with Two Treatments Design. Sampel penelitian ini adalah 30 siswa kelas IV SDN 1 Pengenjek dengan model pembelajaran cooperative tipe STAD dan 30 siswa Kelas IV SDN Beber dengan model pembelajaran elaborasi tipe PQ4R. Pengumpulan data kualitas pembelajaran menggunakan lembar observasi, angket kualitas pembelajaran dan dokumentasi, sedangkan data hasil belajar siswa dikumpulkan menggunakan tes. Pengumpulan data kualitas pembelajaran menggunakan metode observasi pembelajaran dan angket, dokumentasi penerapan model dalam pembelajaran dan data hasil belajar menggunakan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan multivariate analysis of variant (MANOVA). Hasil pengukuran dengan MANOVA menunjukkan hasil sebagai berikut. Pertama, model pembelajaran cooperative tipe STAD efektif ditinjau dari kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Kedua, model pembelajaran elaborasi tipe PQ4R efektif ditinjau dari kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Ketiga, pembelajaran cooperative tipe STAD lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran elaborasi tipe PQ4R ditinjau dari kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Apr 2014 04:29
Last Modified: 08 May 2019 14:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10963

Actions (login required)

View Item View Item