UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS III SD NEGERI TANGKISAN POS DENGAN MENERAPKAN LANGKAH-LANGKAH TEORI BELAJAR BRUNER

Wulandari, Sri (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS III SD NEGERI TANGKISAN POS DENGAN MENERAPKAN LANGKAH-LANGKAH TEORI BELAJAR BRUNER. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sri Wulandari.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi uang masih rendah di bawah nilai KKM(65). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar matematika pada materi uang siswa kelas III dengan menerapkan langkah-langkah teori belajar Bruner di SD Negeri Tangkisan Pos. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas III SD Negeri Tangkisan Pos sejumlah 26 siswa. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara guru kelas dan peneliti. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data ini adalah tes hasil belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dapat disimpulkan bahwa penerapan langkah-langkah teori belajar Bruner pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Tangkisan Pos. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata pra siklus sebesar 44,81.. Nilai rata-rata siklus I 61,28. Nilai tertinggi yang didapatkan oleh siswa pada siklus I adalah 86,67 dan nilai terendah adalah 20. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 82,82 dengan nilai tertinggi yang didapatkan adalah 100 dan nilai terendah adalah 53,33. Siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 21 siswa atau persentase sebesar 80,77% dan siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 5 siswa atau persentase sebesar 19,23%. Kata kunci : Hasil belajar matematika, Langkah-langkah teori belajar Bruner, Matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 01 May 2013 07:37
Last Modified: 29 Jan 2019 18:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10428

Actions (login required)

View Item View Item