PENGGUNAAN PETA KONSEP ( CONCEPT MAPPING ) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN WONOROTO, KECAMATAN WINDUSARI, KABUPATEN MAGELANG

Marina, Rina Dewi (2013) PENGGUNAAN PETA KONSEP ( CONCEPT MAPPING ) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN WONOROTO, KECAMATAN WINDUSARI, KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Rina Dewi Marina.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dengan menggunakan peta konsep khususnya kelas V SD Negeri Wonoroto, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan ( observasi ), wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan peta konsep, pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Wonoroto, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang.Peningkatan prestasi belajar siswa tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata – rata kelas dan peningkatan nilai individu siswa. Dengan nilai rata-rata kelas adalah 57,4 dengan pencapaian KKM 11 siswa (47,8%) sebelum dilaksankan tindakan kelas, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 7,8 (13,6%) dan nilai rata-rata kelas menjadi 65,2 dengan pencapaian KKM 20 siswa (87%). serta pada siklus II meningkat 6,7 (9,4%) dari siklus sebelumnya, sehingga nilai rata-rata kelas menjadi 71,9 dengan pencapaian KKM 22 siswa (95,7%). Kata kunci : metode peta konsep, prestasi belajar IPS, SD Negeri Wonoroto.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Mar 2013 00:47
Last Modified: 29 Jan 2019 18:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10219

Actions (login required)

View Item View Item