MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK KELAS 5 SD NEGERI KAPUTRAN IV YOGYAKARTA

Ramdan , Fauzi (2012) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK KELAS 5 SD NEGERI KAPUTRAN IV YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108244014.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108244014.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108244014.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover - 08108244014.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108244014.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika materi sifat-sifat bangun datar dengan pendekatan matematika realistik kelas 5 SD Negeri Keputran IV Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas 5 SD Negeri Keputran IV Yogyakarta sebanyak 25 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes. Data hasil penelitian diperoleh dari observasi dan hasil tes belajar. Data hasil penelitian tentang materi bangun datar dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan matematika realistik pada pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 5 SD Negeri Keputran IV Yogyakarta. Pada saat observasi pembelajaran materi sifat-sifat bangun datar menunjukkan nilai rata-rata kelas diperoleh 45,6. Pada siklus I, diberikan tindakan dengan pendekatan matematika realistik dipadukan dengan metode kerja kelompok pada materi sifatsifat bangun datar (segitiga, persegi, persegi panjang, trapesium, jajargenjang, lingkaran), sehingga nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 68. Pada siklus II, diberikan tindakan dengan pendekatan matematika realistik dipadukan dengan metode kerja kelompok dan penghargaan pada materi sifat-sifat bangun datar (belah ketupat, layang-layang, dan menggambar bangun datar), sehingga nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 77,2. Kata kunci : prestasi belajar matematika, sifat-sifat bangun datar, dan pendekatan matematika realistik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar matematika, sifat-sifat bangun datar, dan pendekatan matematika realistik.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 18 Jan 2013 00:31
Last Modified: 29 Jan 2019 18:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9501

Actions (login required)

View Item View Item