Karakter Utama Dalam Pembelajaran Matematika SMP/MTs Dan Faktor Yang Mempengaruhinya.

Minggele, Darmanto and Jailani, Jailani (2025) Karakter Utama Dalam Pembelajaran Matematika SMP/MTs Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_darmanto minggele_18701264006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi nilai-nilai karakter utama yang paling dominan, 2) menganalisis bagaimana kelima nilai karakter utama diinternalisasikan, dan 3) mengungkap faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi integrasi nilai karakter dalam pembelajaran matematika di tingkat SMP/MTs di Kota Kupang. Lima nilai karakter yang menjadi fokus utama mencakup religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas. Metode yang digunakan adalah pendekatan campuran (mixed methods) dengan desain concurrent embedded. Lokasi penelitian meliputi dua sekolah dan 2 madrasah setingkat menengah pertama di Kota Kupang, dengan melibatkan 303 siswa sebagai subjek penelitian. Data kuantitatif dikumpulkan melalui angket yang terdiri dari 15 item pernyataan, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui wawancara mendalam dengan guru matematika, observasi kelas, dan studi dokumentasi. Data kuantitatif akan dilakukan uji validitas, reliabilitas dengan SEM dan CFA dan juga uji keterbacaan kepada guru sedangkan data kualitatif melalui triangulasi. Hasil penelitian 1) dari lima nilai karakter yang diteliti, integritas, religius, dan nasionalis berpengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter dalam pembelajaran matematika, dengan integritas sebagai prediktor paling kuat. Nilai mandiri dan gotong royong tidak menunjukkan pengaruh signifikan secara statistik. Model SEM memiliki kecocokan yang tinggi (R² = 0,857), dan validitas konstruk melalui CFA juga dinyatakan baik (GFI = 0,92; CFI = 0,95; RMSEA = 0,06). 2) temuan kualitatif mengungkap bahwa strategi guru dalam mengaitkan materi matematika dengan kehidupan nyata, penerapan pembelajaran berbasis masalah, dan keteladanan guru sangat memengaruhi pembentukan karakter siswa. Nilai mandiri dominan terlihat melalui tugas individual, sedangkan integritas melalui kejujuran saat mengerjakan soal. Nilai religius dan nasionalis kurang diangkat kecuali jika guru secara khusus mengaitkannya dengan konteks tertentu. 3) faktor yang mempengaruhi integrasi nilai karakter dalam pembelajaran yaitu pengembangan strategi pembelajaran kontekstual berbasis nilai oleh guru dan peran aktif dari seluruh ekosistem sekolah dan madrasah dalam pembentukan karakter siswa secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran matematika, nilai karakter, pendidikan karakter, integritas, religius, nasionalis, SMP/MTs, Kota Kupang.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2025 03:11
Last Modified: 23 Oct 2025 03:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88226

Actions (login required)

View Item View Item