Alamsyah, Alamsyah (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA KATA PADA ANAK SLOW LEARNER MELALUI METODE GLOBAL BERBASIS KONTEKSTUAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
|
Text
fULLTEXT_ALAMSYAH_24011240102.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa slow learner melalui penerapan metode global berbasis kontekstual. Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) akan diterapkan dalam penelitian ini, di mana peneliti akan melakukan tindakan perbaikan dalam proses pembelajaran membaca berdasarkan hasil observasi dan analisis data yang diperoleh. Alur PTK yang akan digunakan mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dengan pendekatan ini, diharapkan dapat diperoleh data yang valid mengenai peningkatan kemampuan membaca siswa slow learner melalui metode global berbasis kontekstual. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi pendidik dalam mengatasi tantangan yang dihadapi siswa slow learner dalam kemampuan membaca. Hasil penelitian ini menunjkkan bahwa Metode global berbasis konstektual layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak slow leaner di Sekolah Menengah Pertama kelas VII di SMP N 1 Muara Bengkal. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan skore tes kemampuan membaca permulaan yang diperoleh pada pra tindakan, pasca tindakan siklus I, dan pasca tindakan siklus II yang sudah melampaui standar minimal KKM 75. Metode global efektif meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik Hal tersebut dibuktikan dari peningkatan rata-rata skor yang diperoleh pada pra tindakan subyek I yaitu 55%, pasca tindakan siklus I yaitu 75% mengalami peningkatan sebanyak 15%. Skor yang diperoleh pasca tindakan siklus II subyek 80% sehingga peningkatan yang dialami dari pra tindakan sampai siklus II sebanyak 30%.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | membaca kata, slow learner, metode global, pembelajaran kontekstual, SMP |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa |
| Depositing User: | Perpustakaan FIP |
| Date Deposited: | 29 Aug 2025 02:48 |
| Last Modified: | 29 Aug 2025 02:48 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/87705 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
