PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL PADA ANAK LAMBAT BICARA SPEECH DELAY MELALUI METODE ABA (Applied Behavior Analysis) DI TK NEGERI 2 MUARA ANCALONG

Noorhayana, Noorhayana (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL PADA ANAK LAMBAT BICARA SPEECH DELAY MELALUI METODE ABA (Applied Behavior Analysis) DI TK NEGERI 2 MUARA ANCALONG. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
NASKAH TESIS_NOORHAYANA_24011240190.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Keterlambatan bicara atau speech delay merupakan salah satu gangguan perkembangan yang sering dijumpai pada anak usia dini dan dapat memengaruhi aspek kognitif, sosial, dan emosional anak. Di TK Negeri 2 Muara Ancalong, ditemukan tiga anak kelompok B yang mengalami hambatan bicara, ditandai dengan kesulitan menyebutkan nama benda, menjawab pertanyaan, dan menyampaikan keinginan secara verbal. Menghadapi kondisi ini, diperlukan intervensi pendidikan yang terstruktur, salah satunya adalah metode Applied Behavior Analysis (ABA), yang menekankan pada pembentukan perilaku positif melalui tahapan stimulus, respons, dan penguatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan materi bertema anggota tubuh, warna dan bentuk, serta buah dan huruf. Tindakan pembelajaran dilakukan dengan pendekatan ABA yang melibatkan teknik prompting, modeling, reinforcement, dan visual media. Instrumen pengumpulan data mencakup observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode ABA dalam meningkatkan kemampuan komunikasi verbal anak dengan speech delay. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan komunikasi verbal anak. Pada pra-siklus, dua anak (66,67%) berada dalam kategori rendah dan satu anak (33,33%) dalam kategori sedang. Setelah siklus I dan II, dua anak meningkat ke kategori sedang dan satu anak mencapai kategori tinggi pada siklus II dan III. Temuan ini menunjukkan bahwa metode ABA efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi verbal anak speech delay melalui pembelajaran yang terstruktur, interaktif, dan menyenangkan di lingkungan PAUD.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: komunikasi verbal, keterlambatan bicara, metode ABA, anak usia dini, penelitian tindakan kelas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Aug 2025 01:08
Last Modified: 07 Aug 2025 01:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/87562

Actions (login required)

View Item View Item