Evaluasi Implementasi Budaya Kerja Industri PT Astra Daihatsu Motor di SMK Kabupaten Kebumen.

Hermansah, Suwondo and Sutiman, Sutiman (2024) Evaluasi Implementasi Budaya Kerja Industri PT Astra Daihatsu Motor di SMK Kabupaten Kebumen. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_suwondo hermansah_22702254004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan gambaran implementasi budaya kerja industri 5R/5S di SMK Kabupaten Kebumen yang bekerjasama dengan PT Astra Daihatsu Motor ditinjau dari aspek context, input, process, dan product. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan model CIPP. Subjek penelitian ini yaitu 20 guru produktif dan 250 siswa dan 2 ketua program. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner, pedoman wawancara, dan lembar observasi yang divalidasi melalui expert judgement dan analisis Pearson Correlations Product Moment. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Pencapaian program implementasi secara umum termasuk dalam kategori baik (86,06%). Tingkat pencapaian pada aspek context 91,62%, aspek input sebesar 85,94%, aspek process sebesar 84,92%, dan aspek product sebesar 81,78%. (2) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program implementasi budaya kerja industri 5R/5S meliputi (a) kurangnya pelatihan untuk guru, (b) kurangnya kesiapan guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran dan instrumen penilaian, (c) kurangnya komitmen manajemen sekolah, (d) kurangnya dukungan pembiayaan dari sekolah, (e) kurangnya pelatihan untuk peserta didik, dan (f) kurangnya waktu kunjungan dari industri mitra ke SMK untuk memonitoring program tersebut. Rekomendasi yang disarankan adalah a) Pelatihan untuk guru produktif dan peserta didik perlu dihidupkan kembali, b) Sekolah dan industri perlu membahas pembiayaan dan pelaksanaan program, c) Perlunya pengimbasan dari guru (desiminasi) kepada rekan kerjanya setelah guru tersebut selesai mengikuti training, d) Komitmen manajemen sekolah dalam fungsi kontroling harus ditingkatkan, e) Manajemen sekolah menyiapkan anggaran khusus untuk menjamin keberlangsungan implementasi budaya kerja industri di sekolahnya, f) Dalam proses pembelajaran, guru produktif perlu menyampaikan pentingnya tujuan program, g) Perlu dikembangkannya sebuah model evaluasi tentang implementasi budaya kerja industri di SMK yang bisa dikontrol oleh industri, h) Program dilanjutkan dengan beberapa perbaikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: CIPP, evaluasi, implementasi, SMK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Vocational > Technology and Engineering
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Apr 2025 01:49
Last Modified: 29 Apr 2025 01:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86703

Actions (login required)

View Item View Item