Cahyadi, Ilham and Suyanto, Wardan (2024) Evaluasi Program Kemitraan SMK Ma'arif Salam dengan PT. Astra Daihatsu Motor pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
tesis_ilham cahyadi_21702251049.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Program kemitraan SMK Ma’arif Salam dengan PT. Astra Daihatsu Motor (PT.ADM) yang beralamat di Jl. Soekarno Hatta No.1, Tidar Selatan, Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) telah terjadi sejak tahun 2015. Namun, realitanya program kemitraan ini masih memiliki berbagai kendala. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap gambaran program kemitraan SMK Ma’arif Salam dengan PT. ADM pada program keahlian TKR ditinjau dari aspek (1) context, (2) input, (3) process, dan (4) product, serta kendala yang dihadapi dari program. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi menggunakan Model CIPP (context, input, process, dan product). Responden dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Waka Humas, Ketua Jurusan, dan mitra industri. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan pedoman wawancara. Instrumen penelitian tersebut divalidasi oleh ahli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pencapaian program kemitraan SMK Ma’arif Salam dengan PT. Astra Daihatsu Motor secara keseluruhan mendapatkan nilai sebesar 84% (kategori baik). Tingkat pencapaian pada aspek context sebesar 89% (sangat baik), pada aspek input sebesar 84% (baik), pada aspek process sebesar 84% (baik), dan pada aspek product sebesar 65% (cukup). Kendala yang terjadi dalam program kemitraan di antaranya: (1) pengelola program kemitraan yang sekaligus menjadi guru memiliki beban pekerjaan yang tinggi, (2) kurangnya koordinasi yang rutin dan berkelanjutan dari industri, (3) sarana dan prasarana yang belum mencukupi dan belum sesuai dengan yang ada di industri, (4) keterbatasan pembiayaan, (5) beberapa guru kurang pengalaman di industri, (6) SOP yang digunakan di sekolah kurang sesuai dengan yang ada di industri, (7) motivasi dan semangat belajar siswa yang tergolong rendah, dan (8) penyerapan lulusan belum maksimal, karena beberapa lulusan belum memenuhi capaian pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | CIPP, evaluasi, kemitraan, SMK |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 29 Apr 2025 01:20 |
| Last Modified: | 29 Apr 2025 01:20 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86697 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
