Pratini, Haniek Sri and Sugiman, Sugiman (2024) Local Instructional Theory Pengembangan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Framework Paradigma Pedagogi Reflektif. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
disertasi_haniek sri pratini_17703261029.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) merumuskan local instructional theory (LIT) untuk menguatkan kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru dalam framework paradigma pedagogi reflektif, (2) mengungkap impact dari LIT untuk menguatkan kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru dalam framework paradigma pedagogi reflektif. Penelitian ini merupakan design reseach yang menggunakan prosedur pengembangan model Gravemeijer dan Cobb yang terdiri dari fase 1) preparing for the experiment, 2) experimenting in the classroom, dan 3) conducting retrospective analyses. Subjek penelitian adalah mahasiswa calon guru matematika yang malaksanakan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan-Pengelolaan Pembelajaran (PLP-PP) yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama di Yogyakarta. Subjek penelitian berjumlah 6 orang yang melaksanakan PLP-PP 3 orang di SMP Negeri dan 3 orang di SMP Swasta di Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah tempat melaksanakan PLP-PP. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket serta melalui wawancara dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket, pedoman wawancara, dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan tiga tahapan yang diadaptasi berdasarkan model Miles & Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) LIT pengembangan kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru dalam framework paradigma pedagogi reflektif diperoleh dari percobaan HLT dalam dua siklus. (2) Impact dari LIT yang dikembangkan adalah sebagai berikut. (a) Mahasiswa semakin meningkat kemampuan dalam merancang pembelajaran matematika yang sesuai kebutuhan siswa termasuk pembelajaran berdiferensiasi dan lebih menginspirasi dalam pembelajaran dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang membantu dalam pembelajaran. (b) Mahasiswa semakin terdorong untuk mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep matematika dan cara mengajarkannya secara efektif. (c) Rasa percaya diri dan kompetensi pedagogik mahasiswa dalam mengelola proses pembelajaran matematika semakin meningkat. (d) Kemampuan reflektif dan berpikir kritis dalam merancang dan mengevaluasi pembelajaran matematika mahasiswa semakin berkembang. (e) Mahasiswa semakin terdorong untuk berkolaborasi dengan dosen dan guru matematika untuk mengembangkan pembelajaran matematika yang kontekstual dan bermakna.
| Item Type: | Thesis (S3) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kompetensi pedagogik, local instructional theory, paradigma pedagogi reflektif |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Tinggi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 03 Mar 2025 04:36 |
| Last Modified: | 03 Mar 2025 04:36 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85890 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
