Zuliana, Eka and Astuti D, Siti Irene (2024) Local Instructional Theory Pembelajaran Matematika berbasis Budaya untuk Membangun Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
![]() |
Text
disertasi_eka zuliana_17703261019.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) desain hypothetical learning trajectory, dan (2) Local Instructional Theory pembelajaran matematika berbasis budaya untuk memantik kemampuan literasi matematika siswa sekolah dasar (SD). Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Gravemeijer & Cobb, yang tahapannya meliputi: 1) preparing for the experiment, dimana penyusunan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) mencakup tujuan pembelajaran, serangkaian kegiatan pembelajaran, dan dugaan alur belajar siswa; 2) design experiment, dimana tahap pengujicobaan dilaksanakan pada kelas pilot yang terdiri dari sembilan siswa dan kelas teaching experiment yang terdiri dari dua puluh empat siswa; dan 3) retrospective analysis, dimana dilakukan analisis terhadap HLT menjadi LT (learning trajectory) dengan melalui serangkaian kegiatan yang dilaksanakan dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengklarifikasi dan mengkonfirmasi alur belajar siswa sehingga diperoleh framework pedoman Local Instructional Theory (LIT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika berbasis budaya dapat membangun kemampuan literasi matematika siswa (SD). Lintasan belajar yang dihasilkan bersifat factual atau terkonfirmasi dalam serangkaian aktivitas pembelajaran matematika berbasis budaya. Framework pedoman LIT pada pembelajaran matematika berbasis budaya menghasilkan lima aktivitas pembelajaran yang telah dilalui siswa dalam membangun kemampuan literasi matematikanya. Lima aktivitas pembelajaran tersebut adalah (1) siswa mampu memanggil kembali pengetahuannya terkait budaya yang ada di lingkungan sekitarnya, (2) siswa mampu mengidentifikasi dan menemukan kesesuaian elemen etnomatematika yang ada dalam suatu pengetahuan budaya, (3) siswa mampu memahami dan merumuskan situasi permasalahan etnomatematika dan menyederhanakannya ke dalam model dan masalah matematika, (4) siswa mampu menerapkan prosedur dan penalaran untuk memecahkan masalah dan menemukan solusi kesimpulan secara matematis, dan (5) siswa mampu menafsirkan dan melakukan evaluasi terhadap solusi matematis ke dalam solusi di dalam konteks budaya/dunia nyata.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan literasi matematika, LIT, pembelajaran matematika berbasis budaya |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 03:10 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 03:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85885 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |