Implementasi kurikulum merdeka belajar pada materi sistem pemindah tenaga kelas XI teknik otomotif di SMK 2 Wonosari

Nugroho, Nanang Wahyu (2024) Implementasi kurikulum merdeka belajar pada materi sistem pemindah tenaga kelas XI teknik otomotif di SMK 2 Wonosari. S1 thesis, Univeritas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Thesis S1.pdf - Supplemental Material
Restricted to Registered users only until 7 June 2029.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Materi Sistem Pemindah Tenaga Kelas XI Teknik Otomotif di SMK N 2 Wonosari. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Materi Sistem Pemindah Tenaga Kelas XI Teknik Otomotif di SMK N 2 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 2 (dua) guru PCSPT dan siswa kelas XI Teknik Otomotif berjumlah 3 (tiga) yang diambil dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Materi Sistem Pemindah Tenaga Kelas XI Teknik Otomotif di SMK N 2 Wonosari telah berjalan dengan baik. Pada tahap perencanaan guru telah menyiapkan perangkat pembelajaran (Alur Tujuan Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Capaian Pembelajaran, dan Modul Ajar) pada awal pembelajaran dengan tujuan agar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah dirancang. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran guru telah memanfaatkan sumber materi ajar dan media pembelajaran yang beragam. Guru juga telah melaksanakan metode pembelajaran yang mendukung terlaksananya pembelajaran berpusat pada siswa (student center learning) dan pembelajaran yang berdiferensiasi. Pada tahap penilaian atau evaluasi pembelajaran guru telah melaksanakan refleksi pembelajaran untuk evaluasi proses pembelajaran. Guru juga telah melaksanakan asesmen diagnostik, asesmen formatif, dan asesmen sumatif. Dalam pelaksanaan asesmen guru juga telah memanfaatkan IT (Information Technology). (2) Faktor pendukung Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Materi Sistem Pemindah Tenaga Kelas XI Teknik Otomotif Di SMK N 2 Wonosari yaitu upaya guru mengondisikan pembelajaran yang menyenangkan, nyaman, dan ringan, pemberian referensi materi belajar yang beragam, upaya ketersediaan training object praktikum yang sudah mencapai 60%, pengadaan workshop pelatihan kurikulum merdeka untuk guru, dan mengundang guru tamu untuk program P5. Faktor penghambat Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Materi Sistem Pemindah Tenaga Kelas XI Teknik Otomotif Di SMK N 2 Wonosari yaitu beban materi yang terlalu luas untuk siswa, ketercukupan media praktikum yang belum ideal, dan kecepatan internet Wifi yang belum mampu mengakomodir seluruh siswa. Kata kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Sistem Pemindah Tenaga

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Journal > Jurnal Pendidikan Vokasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Suhartanta 196403241993031001
Date Deposited: 12 Jul 2024 10:44
Last Modified: 13 Jul 2024 01:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82588

Actions (login required)

View Item View Item