PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNYANYI LAGU NASIONAL MELALUI METODE DID PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGANGGRUNG

Reymundus, Rendra (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNYANYI LAGU NASIONAL MELALUI METODE DID PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGANGGRUNG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Rendra Reymundus_19108249002_Jurnal TAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi lagu nasional siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Demonstrasi, Imitasi, dan Drill (DID) pada pembelajaran Seni dan Budaya di kelas IV SD Negeri Nganggrung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Nganggrung yang berjumlah 13 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, instrumen tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Adapun kriteria keberhasilan penelitian yaitu minimum 75% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal KKM yaitu 70 dan aktivitas guru dan siswa lebih dari 85% dengan kategori sangat baik. Proses meningkatkan kemampuan bernyanyi lagu nasional siswa dengan menggunakan metode pembelajaran DID pada pembelajaran Seni dan Budaya di kelas IV SD Negeri Nganggrung didukung Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) menempuh beberapa fase mulai dari menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan, memberi bimbingan, mengecek pemahaman dan memberi umpan balik, serta memberi kesempatan untuk latihan mandiri. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil tes yang diberikan oleh peneliti. Pada tahap pra siklus terdapat 38,46% tuntas dengan rata-rata kelas 65,08 kemudian pada siklus I meningkat persentase siswa tuntas meningkat menjadi 61,54% dengan rata-rata kelas 72,92 dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 92,31% siswa tuntas dengan rata-rata kelas 77,69. Kata kunci: kemampuan bernyanyi, lagu nasional, pembelajaran Seni dan Budaya, metode pembelajaran DID

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Ilmu Sosial > Hukum > Kewarganegaraan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 Feb 2024 01:55
Last Modified: 27 Feb 2024 01:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81007

Actions (login required)

View Item View Item