KOMPETENSI PEDAGOGIK, PROFESIONAL, DAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING MUATAN IPA DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN KEBUMEN

Nuryani, Hanifah (2024) KOMPETENSI PEDAGOGIK, PROFESIONAL, DAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING MUATAN IPA DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN KEBUMEN. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Hanifah Nuryani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauhmana: (1) kompetensi pedagogik, (2) kompetensi profesional, dan (3) kinerja guru kelas tinggi dalam pembelajaran daring muatan IPA di Sekolah Dasar Kecamatan Kebumen. Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi yang berkaitan dengan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran. Kompetensi profesional merupakan kemampuan guru dalam penguasaan materi ajar secara luas dan mendalam. Sedangkan kinerja guru merupakan tingkat keberhasilan guru dalam melaksanakan tugas pendidikan sesuai tanggung jawab dan wewenang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kombinasi (mixed methods). Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Kecamatan Kebumen. Subjek penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah tingkat Sekolah Dasar. Objek penelitian ini adalah kompetensi pedagogik, profesional, dan kinerja guru dalam pembelajaran daring muatan IPA. Pengumpulan data menggunakan metode tes, kuesioner, dan wawancara. Analisis dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan distribusi nilai dengan kategori tinggi untuk kompetensi pedagogik dan profesional guru dalam pembelajaran daring muatan IPA di Sekolah Dasar Kecamatan Kebumen secara berurutan sebesar 68.50% dan 66.30%. Sedangkan distribusi nilai dengan kategori sedang untuk kinerja guru sebesar 51.97%. Persentase hasil penelitian tersebut tergolong baik. Adapun faktor pendukung kompetensi pedagogik yang telah dikuasai guru selama pembelajaran daring pada muatan IPA meliputi guru meliputi pemahaman terhadap siswa, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan potensi siswa selama pembelajaran daring. Kompetensi profesional yang telah dikuasai meliputi menguasai konsep, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar muatan pelajaran IPA, mengembangkan materi secara kreatif, dan mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan selama pembelajaran daring. Sedangkan kinerja yang telah dikuasai guru meliputi membuat perencanaan, menerapkan, dan melaksanakan pembelajaran daring muatan IPA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: guru, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kinerja guru, pembelajaran daring
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 22 Feb 2024 03:11
Last Modified: 22 Feb 2024 03:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80935

Actions (login required)

View Item View Item