Pengembangan Instrumen Religiositas Peserta Didik Muslim di Sekolah Dasar.

Farida, Farida and Hamdi, Syukrul (2023) Pengembangan Instrumen Religiositas Peserta Didik Muslim di Sekolah Dasar. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis-farida-21701251002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan konstruk instrumen religiositas peserta didik muslim di Sekolah Dasar, (2) mendeskripsikan kualitas instrumen religiositas peserta didik muslim di Sekolah Dasar, (3) menghasilkan keefektifan instrumen religiositas peserta didik muslim di Sekolah Dasar, dan (4) mengidentifikasi profil religiositas peserta didik muslim di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen. Tahapan pengembangan pertama meliputi observasi dan pengkajian literatur terkait aspek- aspek religiositas, validasi item pernyataan melalui expert judgement, dan analisis menggunakan formula Aiken. Tahapan selanjutnya adalah uji coba terbatas di SD Negeri Kaliurang 1 dan SD Negeri Giriharjo, yang melibatkan peserta didik kelas V, meliputi lima peserta didik untuk uji keterbacaan dan 31 peserta didik untuk uji coba terbatas, dan dianalisis menggunakan Exploratory Factor Analysis. Uji coba skala luas melalui teknik sampling stratified random sampling diperoleh subjek 472 peserta didik muslim kelas IV, V, dan VI SDIT, SD Muhammadiyah, dan SD negeri di Kabupaten Sleman, DIY dan dianalisis menggunakan validitas konstruk Confirmatory Factor Analysis. Untuk mengetahui perbandingan religiositas antara SD berbasis agama Islam dan umum digunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Konstruk instrumen religiositas yang dikembangkan terdiri atas aspek religious belief, religious practice, dan religious experience. (2) Kualitas instrumen yang dikembangkan terbukti melalui validitas isi dengan menghasilkan 30 item pernyataan, validitas konstruk melalui EFA menghasilkan 20 item pernyataan, validitas konstruk melalui CFA menghasilkan 15 item pernyataan. Model konstruk religiositas memiliki model fit yaitu Chi Square 124,17, df = 101, p value = 0,058, indeks RMSEA = 0,042, indeks GFI = 0,89, indeks AGFI = 0,86, CFI = 0,94, NNFI/TLI = 0,93, dan RMR = 0,050. Reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach sebesar 0,776 dan dinyatakan reliabilitas baik. (3) Keefektifan instrumen religiositas menghasilkan 50% guru mengganggap bahwa instrumen cukup praktis digunakan. (4) Profil religiositas peserta didik menunjukkan kategori sangat tinggi sebanyak 64,4%, kategori tinggi sebanyak 22,9%, kategori rendah sebanyak 6,9% dan kategori sangat rendah sebanyak 5,7%. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan antara SD berbasis agama Islam dan SD berbasis umum, terbukti dari uji independent sample t-test yang menghasilakan nilai Sig. (2-tailed) = 0,006 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Peserta didik muslim, religiositas, sekolah dasar
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Filsafat. Psikologi. Agama > Studi Islam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:27
Last Modified: 23 Nov 2023 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79616

Actions (login required)

View Item View Item