IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HUMANIS-RELIGIUS BERBASISKULTUR MADRASAH (STUDI KASUS MI MUHAMMADIYAH SURUH)

Ulya, Rema Wafiqoh (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HUMANIS-RELIGIUS BERBASISKULTUR MADRASAH (STUDI KASUS MI MUHAMMADIYAH SURUH). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Rema Wafiqoh Ulya 18108241048.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan humanis religius berbasis kultur madrasah di MI Muhammadiyah Suruh dalam aspek artifak dan aktivitas kultur. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah kepala madrsah, guru, orangtua, dansiswa. Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah Suruh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah berhasil mengembangkan karakter melalui implementasi pendidikan humanis religius berbasis kultur madrasah. Keberhasilan ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan aktualisasi religiusitas dan humanis pada perilaku siswa. Pendidikan humanis religius ini dilaksanakan melalui aspek artifak dan aktivitas kultur. Pada aspek artifak dilakukan melalui pengondisian dengan menyediakan fasilitas seperti masjid, tempat wudhu, rak peralatan makan minum dan sikat gigi, Alquran, buku materi pembelajaran tahfidz, bacaan sholat, doa dan hadis, buku monitoring pembiasaan ibadah siswa, dekorasi kelas bernilai Islami, poster dan slogan Islami, media pembelajaran, ruang kelas, perpustakaan, UKS, koperasi, dapur, kamar mandi,taman bermain, halaman sekolah, tempat parkir, mobil sekolah, sudut literasi, serta lingkungan sekolah yang bersih dan rapi; sedangkan aspek aktivitas kultur diwujudkan melalui budaya 5S dan 5K, pelaksanaan kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan pengembangan minat peserta didik, pembiasaan positif, penerapan pembelajaran yang humanis, penerapan pola pendidikan religius, pengintegrasian pendidikan nilai dalam mata pelajaran, penanganan kasus BK, serta membangun hubungan kemitraan yang kuat antara sekolahorangtua-masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Humanis, religius, kultur madrasah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:27
Last Modified: 14 Jul 2023 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78227

Actions (login required)

View Item View Item