Evaluasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Santri Program Rintisan Madrasah Unggul di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Daerah Istimewa Yogyakarta.

Khurriyatin, Khurriyatin and Istiyono, Edi (2023) Evaluasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Santri Program Rintisan Madrasah Unggul di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-khurriyatin-18701251006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pendidikan karakter santri Program Rintisan Madrasah Unggul (RMU) di madrasah ibtidaiyah negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta (MIN DIY), yang mencakup: (1) kesesuaian antara pelaksanaanya yang ditinjau dari tiga aspek (berbasis kelas, berbasis budaya sekolah/madrasah, dan berbasis masyarakat) dengan standar yang ditetapkan, (2) faktor penunjang dan penghambat pelaksanaanya, dan (3) strategi dalam mengatasi faktor penghambat tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif (metode campuran). Model yang digunakan dalam mengevaluasi, ialah model evaluasi kesenjangan. Subjek penelitiannya terdiri atas peserta didik kelas V dan VI, guru kelas, dan guru agama kelas atas, karyawan, serta kepala bidang kurikulum di MIN DIY yang telah ditetapkan sebagai madrasah unggul. Sampel penelitian berjumlah 205 peserta didik yang ditentukan menggunakan teknik acak terstratifikasi proporsional, dan 34 guru serta 21 karyawan menggunakan teknik sensus atau sampling total. Informan untuk wawancara berjumlah 10 guru dari perwakilan masing-masing madrasah dan tingkat kelas, berdasarkan rekomendasi oleh pihak madrasah. Pengambilan data di lapangan menggunakan lembar angket, pedoman wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan bantuan Lisrel 8.80 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian ini yakni sebagai berikut. (1) Pelaksanaan pendidikan karakter santri program RMU di MIN DIY termasuk dalam kriteria sangat baik dengan persentase kesenjangan sebesar 18%. Hal ini diperoleh dari tiga aspek/komponen yaitu a) pelaksanaan pendidikan karakter santri berbasis kelas termasuk kriteria sangat baik dengan persentase kesenjangan 15%, b) pelaksanaan pendidikan karakter santri berbasis budaya sekolah/ madrasah termasuk kriteria sangat baik dengan persentase kesenjangan 18%, dan c) pelaksanaan pendidikan karakter santri berbasis masyarakat termasuk kriteria baik dengan persentase kesenjangan 31%. (2) Faktor penunjangnya yaitu kualititas peserta didik yang merupakan peserta didik pilihan, guru yang telaten dan komunikatif, baik dengan peserta didik maupun orang tua/ wali peserta didik, orang tua yang aktif, dan kegiatan-kegiatan madrasah. Faktor penghambatnya yakni musala yang tidak memadai, kekritisan dan latar belakang sosial ekonomi orang tua, keberagaman peserta didik, serta kebijakan yang tidak sinkron. (3) Strategi dalam mengatasi penghambat tersebut yaitu dengan tetap selalu mengingatkan, mengarahkan, membimbing, dan memberikan dorongan secara kelompok dan individu, secara lisan dan perbuatan, memberikan teladan dan melibatkan seluruh pihak pemangku kepentingan dalam meningkatkan kualitas pendidikan karakter terutama karakter santri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: madrasah unggulan, model evaluasi kesenjangan, pendidikan karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 May 2023 04:05
Last Modified: 04 May 2023 04:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77670

Actions (login required)

View Item View Item