Penilaian Soft Skills dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs se-Kota Medan.

Nasution, Khoirunnisa and Suyanto, Slamet (2023) Penilaian Soft Skills dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs se-Kota Medan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-khoirunnisa nasution-19701251028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) soft skills siswa MTs se-Kota Medan, (2) pengaruh soft skills secara keseluruhan terhadap hasil belajar matematika siswa MTs se-Kota Medan, (3) pengaruh soft skills komponen minat terhadap hasil belajar matematika siswa MTs se-Kota Medan, (4) mengetahui pengaruh soft skills komponen motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa MTs se-Kota Medan, dan 5) mengetahui pengaruh soft skills komponen self-confidence terhadap hasil belajar matematika siswa MTs se-Kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif survei dengan rancangan cross-sectional survey. Teknik pengambilan sampel terdiri atas dua tahap, yaitu cluster random sampling dan proportional random sampling. Berdasarkan teknik pengambilan sampel dari 4.955 siswa MTs se-Kota Medan diperoleh 371 siswa MTs yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data terdiri atas dua jenis yaitu penilaian soft skills matematika siswa MTs dengan instrumen angket sebagai data primer, dan data hasil belajar matematika siswa MTs yang dikumpulkan oleh guru sebagai data sekunder. Pembuktian validitas menggunakan dua tahap, yaitu validitas isi menggunakan Formula Aiken’s V, dan validitas konstruk menggunakan Explanatory Factor Analysis (EFA). Uji reliabilitas menggunakan estimasi reliabilitas menurut Cronbach Alpha. Analisis data menggunakan regresi linier berganda melalui uji F (simultan) dan uji t (parsial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) soft skills siswa MTs se-Kota Medan berada pada kategori sedang, (2) soft skills (komponen minat, motivasi, dan self-confidence) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa MTs se-Kota Medan dengan perolehan nilai

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar matematika, minat, motivasi, self-confidence, soft skills
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:17
Last Modified: 18 Apr 2023 02:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77498

Actions (login required)

View Item View Item