Nugrahani, Alfira (2023) UPAYA PENINGKATAN KARAKTER GEMAR MEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KEMBANGSONGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
fulltext_alfira nugrahani_15108241169.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan karakter gemar membaca siswa menggunakan media pembelajaran buku cerita bergambar kelas III B SD Negeri Kembangsongo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian siswa kelas III B SD N Kembangsongo, Bantul semester ganjil tahun akademik 2022/2023 berjumlah 23 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi (1) tahapan perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : (1) observasi, (2) angket, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa melakukan langkah-langkah pembelajaran menggunakan media buku cerita bergambar dengan baik. Hal itu terbukti dengan penggunaan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan karakter gemar membaca siswa. Rata-rata karakter gemar membaca siswa secara keseluruhan pada siklus I sebesar 65%, setelah dilakukan perbaikan oleh guru dengan membagi tugas pada setiap kelompok, memberikan waktu kepada siswa untuk menuliskan hasil percobaan pada buku tulisnya serta meemberikan tugas kepada setiap kelompok untuk membuat pertanyaan kepada kelompok yang presentasi dapat meningkatkan karakter gemar membaca siswa menjadi 79% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gemar membaca, buku cerita bergambar, peningkatan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 08 Mar 2023 01:21 |
Last Modified: | 08 Mar 2023 01:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76867 |
Actions (login required)
View Item |