Etnomatematika pada Permainan Tradisional dan Implementasinya pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar.

ALCHUZAENI, GUS ROHMAT (2022) Etnomatematika pada Permainan Tradisional dan Implementasinya pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_gus rohmat al chuzaeni_17712251020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi kandungan etnomatematika pada permainan tradisional dan (2) mengetahui keefektifan pembelajaran matematika kelas IV sekolah dasar menggunakan etnomatematika pada permainan tradisional. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method model sequential exploratory. Pengumpulan data kualitatif dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian kualitatif adalah siswa kelas IV, guru kelas IV dan budayawan dari Keraton Kasunanan Surakarta. Analisa data kualitatif menggunakan model interaktif dari Miles dan Hibermann. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan melalui pretest dan post-test. Analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas, independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian didapatkan bahwa 1) nilai etnomatematika ada pada permainan tradisional dam-daman, engklek, gobag sodor, lompat tali, bekelan, betengan dan dakon. 2) Hubungan bentuk etnomatematika dengan konsep matematik sekolah dasar yaitu bilangan, pengukuran dan geometri. 3) Pembelajaran matematika menggunakan konteks etnomatematika permainan tradisional kelas IV sekolah dasar efektif meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan koefisien sig = 0.002 < 0.05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: etnomatematika, permainan tradisional, pembelajaran matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:08
Last Modified: 20 Dec 2022 07:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75621

Actions (login required)

View Item View Item