Pengaruh Keterampilan Sosial Dan KecerdasanInterpersonal Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Se- Kota Madya Yogyakarta

Safutri, Lhutfia Wahyu (2022) Pengaruh Keterampilan Sosial Dan KecerdasanInterpersonal Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Se- Kota Madya Yogyakarta. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_lhutfia wahyu safutri_20712251043.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Kemandirian terus berkembang seiring dengan perkembangan seoranganak. Perkembangan masing-masing anak tentu berbeda-beda, begitu juga dengankemandirian antara anak yang satu dengan yang lain akan berbeda sesuai dengantingkat perkembangannya dan juga faktor yang mempengaruhinya. Penelitianini bertujuan untuk 1) mengetahui signifikansi pengaruh keterampilan sosial dankecerdasan interpersonal secara simultan terhadap kemandirian belajar; 2) mengetahui signifikansi pengaruh keterampilan sosial secara parsial terhadapkemandirian belajar; serta 3) mengetahui signifikansi pengaruh kecerdasaninterpersonal secara parsial terhadap kemandirian belajar Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitianex-post facto. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDNegeri se-KotaMadya Yogyakarta sebanyak 855 siswa dengan sample penelitian 273 siswa yangditentukan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakanskala psikologi. Intsrumen pengumpulan data berupa skala kemandirian belajar, skala keterampilan sosial, dan skala kecerdasan interpersonal. Instrumenpenelitian diujicobakan kepada 200 siswa. Uji validitas instrumen menggunakanvaliditas isi dan validitas konstruk. Validitas isi menggunakan expert judgment, sedangkan uji validitas konstruk menggunakan analisis faktor konfimatori yangmeliputi validitas konvergen dan validitas diskriminan. Analisis faktor konfimatori juga dilakukan untuk mengestimasi uji reabilitas konstrukdanreabilitas komposit. Uji prasyarat analisis meliputu uji normalitas menggunakanmetode Kolmogrov-Smirnov, uji linearitas, uji multikoliearitas, danuji heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi lienar berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) keterampilan sosial dan kecerdasaninsterpersonal secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kemandirianbelajar dengan sumbangan sebesar 54,30%; 2) keterampilan sosial secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar dengan sumbangan efektif sebesar 35,89%; dan 3) kecerdasan interpersonal secara parsial berpengaruhsignifikan terhadap kemandirian belajar dengan sumbangan efektif sebesar 18,41%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan sosial, kecerdasan interpersonal, dan kemandirianbelajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 08 Dec 2022 08:20
Last Modified: 08 Dec 2022 08:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75603

Actions (login required)

View Item View Item