Model Pembelajaran Mandiri Online PEVAR Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Pekalongan.

Fadli, Failasuf and Budiningsih, Asri (2022) Model Pembelajaran Mandiri Online PEVAR Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Pekalongan. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
disertasi-failasuf fadli-19703261045.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran abad 21 memiliki ciri era distruptif, sehingga untuk mencapai tujuan pendidikan semakin sulit, oleh karena itu, perlu adanya pengembangan model belajar yang dapat memberikan solusi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran mandiri online Persiapan- Eksplorasi- Verifikasi- Analisis-Refleksi (PEVAR) yang (1) layak, (2) praktis, dan (3) efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMA. Penelitian ini adalah research and development yang diadopsi dari Borg, Gall dan Gall. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA N 1, SMA N 2, SMA N 3, SMA N 4, dan MAN 1 di kota Pekalongan. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data analisis pendahuluan dikumpulkan melalui wawancara dan pengamatan; data kelayakan model belajar dikumpulkan dengan menggunakan skala kelayakan model belajar dari validasi ahli; data kepraktisan model pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan lembar obsevasi dan angket; dan data keefektifan model pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan tes. Analisis data menggunakan uji sampel t-tes paired dan uji sampel independen t- tes dengan uji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Kesimpulan penelitian adalah sebagai berikut. (1) Model pembelajaran mandiri online PEVAR layak digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMA berdasarkan hasil validasi ahli model pembelajaran, ahli Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan ahli materi. (2) Model pembelajaran mandiri online PEVAR praktis digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMA berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan dan angket pelaksanaan model pembelajaran, baik dari guru maupun siswa. (3) Model pembelajaran mandiri online PEVAR efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMA. Berdasarkan hasil uji t tes, baik paired maupun independen, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswayang menggunakan model pembelajaran mandiri online PEVAR dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran mandiri konvensional. Nilai signifikansi uji t- tes pada uji coba terbatas adalah 0,001; lapangan utama 0,000; dan lapangan operasional 0,025. Hasil ketiga nilai tersebut lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran mandiri online PEVAR berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMA.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model belajar, belajar mandiri, belajar online, online PEVAR
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Sep 2022 02:22
Last Modified: 01 Nov 2022 05:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74156

Actions (login required)

View Item View Item