Zerky, Buce fal Frans and Astuti, Kun Setyaning (2019) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Talempong Pacik Berbasis Android di Sekolah Menengah Pertama. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran talempong pacik berbasis android yang layak digunakan sebagai simulasi memainkan talempong pacik yang sebenarnya; (2) mengetahui langkah-langkah pengembangan multimedia tersebut; (3) menguji kelayakan multimedia tersebut untuk kelas VIII; dan (4) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan produk yang dikembangkan. Tahapan dalam penelitian pengembangan ini merupakan hasil modifikasi, meliputi analisis kebutuhan, perencanaan, perancangan, pengembangan, uji coba produk, pementasan dan produksi. Penilaian dan uji kelayakan produk meliputi uji alfa, uji coba beta, dan uji coba produk. Data dalam penelitian pengembangan ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, angket dan tes. Analisis data diawali dengan teknik deskriptif kuantitatif dan dilanjutkan dengan uji beda. Software yang dimanfaatkan pada penelitian pengembangan yaitu Steinberg Nuendo 4, Adobe Photoshop CC 2017, CorelDraw X 8, Sibelius 6, Macromedia Flash, Adobe Flash CC 2017, Adobe Animate CC 2017, dan Android Studio. Produk diberi nama Pongcikdroid merupakan singkatan dari Talempong Pacik Android, yang merupakan aplikasi virtual instrument untuk smartphone Android dalam format .apk (Application Package File). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) kelayakan multimedia pembelajaran talempong pacik berdasarkan penilaian ahli media mendapat total skor 95 berada pada kriteria “sangat baik”; (2) kelayakan multimedia pembelajaran talempong pacik berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan total skor 77 berada pada kriteria “baik”; (3) berdasarkan penilaian guru mendapatkan total skor 64 berada pada kriteria “sangat baik”; (4) penilaian tiga siswa dalam uji alfa mendapat total skor 135 dengan rata-rata skor 45 berada pada kriteria “baik”; (5) penilaian produk pada uji beta dengan melibatkan 24 siswa mendapat total skor 1184 dengan skor rata-rata 49,33 berada pada kriteria “sangat baik”; (6) peningkatan hasil belajar pada ranah kognitif mendapat nilai rata-rata 30,00; (7) ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pretest dan posttest aspek kognitif ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000; (8) hasil belajar pada ranah psikomotorik yang dinilai saat pementasan mendapat sum 1600,00; mean 66,66; median 70,00; mode 70,00; nilai minimum 50,00 dan nilai maximum 80,00. Dengan demikian, penggunaan produk multimedia pembelajaran Pongcikdroid dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Android, multimedia pembelajaran, sekolah menengah pertama, talempong pacik. |
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Musik |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 03 Mar 2020 02:22 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 02:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67760 |
Actions (login required)
View Item |