Pengembangan Multimedia Learning Modules (MLMs) Berbasis Kearifan Lokal Lomba Dayung Tradisional Untuk Meningkatkan Representasi Diagram dan Representasi Vektor Siswa SMA pada Materi Momentum dan Impuls.

Nursuhud, Puji Iman and Warsono, Warsono (2019) Pengembangan Multimedia Learning Modules (MLMs) Berbasis Kearifan Lokal Lomba Dayung Tradisional Untuk Meningkatkan Representasi Diagram dan Representasi Vektor Siswa SMA pada Materi Momentum dan Impuls. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia learning modules (MLMs) berbasis kearifan lokal lomba dayung tradisional yang layak digunakan untuk pembelajaran fisika, dan (2) mengetahui efektifitas penggunaan MLMs berbasis kearifan lokal lomba dayung tradisional dalam meningkatkan kemampuan representasi diagram dan vektor siswa SMA pada materi momentum dan impuls. Penelitian merupakan research and development dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Desain penelitian yang digunakan adalah pretes-posttest control group design. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI MIPA SMA 2 Batang untuk uji coba terbatas, 295 siswa kelas XI MIPA dari tiga sekolah di Kabupaten Batang untuk uji empiris dan 92 siswa kelas X MIPA SMA N 2 Batang untuk uji coba lapangan. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan representasi diagram dan vektor, dan angket penilaian kelayakan aspek materi dan media, angket telaah instrumen tes, dan angket respon siswa. Validasi instrumen dilakukan dengan Aiken’s V dan teori respon butir pada partial credit model (PCM) untuk goodness of fit. Teknik analisis data yang digunakan adalah skala baku untuk analisis kelayakan produk dan General Linear Model (GLM) dengan taraf signifikansi 0,05 untuk menguji keefektifan produk dalam meningkatkan kemampuan representasi diagram dan vektor. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) MLMs yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran fisika SMA berdasarkan penilaian aspek materi dengan skor 3,67 dari skala 1 sampai 4; aspek media dengan skor 3,61 dan respon siswa dengan kategori sangat baik. (2) MLMs yang dikembangkan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran fisika SMA materi momentum dan impuls untuk meningkatkan kemampuan representasi diagram dan vektor siswa berdasarkan nilai Mean Difference sebesar -54,449 dan -37,331 dengan sumbangan efektif sebesar 87,2% dan 73,4%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: diagram, kearifan lokal, lomba dayung tradisional, multimedia learning modules, representasi, vektor
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2019 02:43
Last Modified: 23 Oct 2019 02:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66286

Actions (login required)

View Item View Item