PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS AUGMENTED REALTIY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN VULKANISME DI SMA N 1 NGAGLIK

Widayat, Heri (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS AUGMENTED REALTIY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN VULKANISME DI SMA N 1 NGAGLIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
60. Heri Widayat 11520244040 B+.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran materi vulkanisme berbasis Augmented Reality untuk platform Andorid dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran vulkanisme berbasis Augmented Reality di SMA N 1 Ngaglik. Pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality, diharapkan dapat menambah motivasi siswa untuk belajar. Media pembelajaran akan dikembangkan menggunakan metode Research and Development yang terdiri dari 8 tahap, yaitu penelitan & pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk operasional, uji coba operasional, revisi produk akhir, diseminasi dan implementasi. Aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan multimedia berbasis Augmented Reality adalah software Unity. Kelayakan dari media pembelajaran yang telah dikembangkan akan dinilai oleh ahli media, ahli materi, dan siswa. Penelitian ini akan dilakukan di SMA N 1 Ngaglik dengan bantuan 20 siswa kelas X sebagai responden. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuisioner. Data yang diperoleh akan disesuaikan nilainya menggunakan tabel konversi skor. Untuk menguji fungsionalitas dari media pembelajaran, dilakukan black box testing . Hasil Penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang dibuat dengan menggunakan software Unity. Hasil pengujian black box menyatakan bahwa semua fungsi yang disediakan telah berfungsi dengan baik. Hasil perhitungan skor kelayakan untuk ahli media adalah sebesar 71 yang temasuk dalam kategori sangat layak. Perhitungan total skor kelayakan untuk ahli materi adalah sebesar 146 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Perhitungan total skor kelayakan pada uji respon siswa adalah sebesar 1483 yang termasuk dalam kategori layak. Dari hasil pengujian dan perhitungan di atas, media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran, vulkanisme, Research and Development , kelayakan, Augmented Reality
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Oct 2019 06:50
Last Modified: 01 Oct 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66046

Actions (login required)

View Item View Item