Anggeraini, Dian (2019) Efektivitas Teknik Psikodrama Terhadap Peningkatan Komunikasi Interpersonal dan Percaya Diri Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pakem. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-dian anggeraini-16713251021.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Komunikasi interpersonal dan percaya diri merupakan bagian dari tugas perkembangan siswa, sehingga siswa dilatih untuk memiliki kemampuan komunikasi interpersonal dan rasa percaya diri yang tinggi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik psikodrama melalui layanan konseling kelompok terhadap peningkatan komunikasi interpersonal dan percaya diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pre-test posttest desain. Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah Pakem Sleman, Yogyakarta. Penentuan sampel dalam penelitian ini dengan metode purposive yaitu 10 orang siswa kelas VIII yang memiliki tingkat komunikasi interpersonal dan percaya diri rendah. Pengumpulan data menggunakan skala komunikasi interpersonal dan percaya diri yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Masingmasing skala mendapatkan nilai alpha 0,957 dan 0,936 nilai tersebut lebih besar dari nilai koefesien yaitu 0,70, hasil tersebut menunjukkan bahwa skala sudah baku untuk digunakan sebagai alat pengumpul data penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik melalui uji wilcoxon dan uji mannwhitney test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik psikodrama efektif terhadap peningkatan komunikasi interpersonal dan percaya diri siswa. Hasil ini dibuktikan dengan hasil uji perbandingan nilai post-test yang menunjukkan nilai 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan nilai post-test yang signifikan. Layanan konseling kelompok dengan teknik psikodrama dibuktikan efektif terhadap peningkatan komunikasi interpersonal dan percaya diri siswa artinya tujuan dari pemberian layanan pada penelitian ini dengan teknik psikodrama telah tercapai. Kata Kunci: komunikasi interpersonal, percaya diri, psikodrama
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pasca Sarjana Pendidikan > Bimbingan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 06 Aug 2019 04:31 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 04:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65108 |
Actions (login required)
View Item |