Arief, Fariz Awaludin (2019) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR DASAR-DASAR KONTRUKSI BANGUNAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS X PAKET KEAHLIAN KGSP SMK NEGERI 2 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (854kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I PENDAHULAN.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Download (962kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
9. Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk: (1) Mengetahui cara meningkatkan keaktifan siswa kelas X pada mata pelajaran dasar-dasar kontruksi bangunan di SMK Negeri 2 Depok dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division); dan (2) Mengetahui cara meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran dasar-dasar kontruksi bangunan di SMK Negeri 2 Depok dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievment Divisions). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X KGSP (Kontruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan) di SMK Negeri 2 Depok yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan 3 siklus dengan menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Setiap siklus terdiri dari: (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan Tindakan; (3) Obervasi; (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil wawancara dan observasi dimasukan kedalam catatan lapangan. Peningkatan keaktifan dan hasil belajar diketahui dari hasil observasi keaktifan dan nilai dari setiap siklus. Tercapainya tujuan penelitian didasarkan kepada tingkat keaktifan ≥ 75%, dan hasil belajar ≥ 85% dari 32 siswa mendapatkan nilai ≥ 77. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa cara yang dilakukan untuk meningkatkan keaktifan adalah dengan memberikan motivasi dan apresiasi pada berani aktif dan cara yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan lebih menekankan pada pembagian kelompok yang merata dan penekanan pengawasan saat berdiskusi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Keaktifan Belajar, PTK, STAD |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 24 Jul 2019 02:26 |
Last Modified: | 24 Jul 2019 02:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64730 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |