Aziz, Muh Hadi Abdul (2019) PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING GAMIFICATION IN EDUCATION (MEGIE) BERBASIS ANDROIDDI KELAS XI SMK YAPPI WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
MEGIE BAB I.pdf Download (552kB) | Preview |
|
|
Text
MEGIE BAB II.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
MEGIE BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
MEGIE BAB V.pdf Download (210kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) menghasilkan Mobile Learning Gamification in Education (Megie) berbasis Android sesuai dengan kebutuhan siswa di Kelas XI SMK YAPPI Wonosari; (2) mengetahui tingkat kualitas mobile learning dari aplikasi yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) yang menggunakan tahapan model pengembangan Rational Unified Process (RUP), yaitu: fase insepsi, fase elaborasi, fase konstruksi, dan fase transisi. Pengujian kualitas menggunakan standar kualitas mobile learning yang berbasis pada subkarakteristik ISO 25010, yaitu: Appropriateness, Fault Tolerance, Recoverability, Time behavior, Ease of use, Authentication & Confidentiality, Application coexistence, Reusability, Installability dan ditambah dengan uji materi. Hasil pengujian yaitu: (1) Pengujian materi mendapatkan skor 4,5 sehingga masuk pada predikat Sangat Baik. (2) Pengujian Appropriateness mendapatkan skor 100% sehingga masuk predikat Sangat Layak. (3) Pengujian Fault Tolerance mendapat skor 100% sehingga masuk pada predikat Sangat Layak. (4) Pengujian Recoverability mendapat skor 100% sehingga masuk pada predikat Sangat Layak. (5) Pengujian Time Behavior mendapat rata-rata surasi respon sebesar 0,6452 detik sehingga masuk pada predikat Sangat Puas. (6) Pengujian Authentication & Confidentiality mendapat skor 100% sehingga masuk pada predikat Sangat Layak. (7) Pengujian Application co-existence pada 10 aplikasi berbeda mendapat skor 100% sehingga masuk pada predikat Sangat Layak. (8) Pengujian Reusability pada 14 perangkat mendapat skor 100% sehingga masuk pada predikat Sangat Layak. (9) Pengujian Installability pada 11.634 perangkat mendapat skor 79,44% sehingga mendapat predikat Layak. Sedangkan, pada (10) pengujian Usability pada 50 siswa mendapat skor 3,89 sehingga mendapat predikat Baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mobile learning, android, gamification in education, RUP, ISO 25010 |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 02:04 |
Last Modified: | 01 Mar 2019 02:04 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62853 |
Actions (login required)
View Item |