Efektivitas Tryout Ujian Nasional CBT untuk Mendukung Kesiapan Siswa SMA Kelas XII IPS Menghadapi UNBK

Fauzan, Fakih (2018) Efektivitas Tryout Ujian Nasional CBT untuk Mendukung Kesiapan Siswa SMA Kelas XII IPS Menghadapi UNBK. S2 thesis, UNY.

[img] Text
004 Tesis Fakih Fauzan 14707251036.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan kesiapan siswa dalam menghadapi UNBK antara yang melaksanakan tryout CBT dan PBT, (2) Perbedaan keefektifan tryout ujian nasional berbasis CBT dan PBT untuk siswa kelas XII dalam menghadapi UNBK, (3) Hubungan tryout ujian nasional berbasis CBT dan kesiapan siswa kelas XII dalam menghadapi UNBK, dan (4) Hubungan tryout ujian nasional berbasis PBT dan kesiapan siswa kelas XII dalam menghadapi UNBK. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA N 1 Sukoharjo tahun ajaran 2017/2018 sejumlah 138 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XII IPS 2 dan Kelas XII IPS 3 yang terdiri dari 35 siswa pada masing-masing kelas. Pemilian sampel dilakukan dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Pada penelitian ini terdiri 2 (dua) kelompok, yaitu: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pemilihan kelompok merupakan subjek utuh yang sudah terbentuk dalam kelas dan memiliki kriteria-kriteria yang hampir sama. Perlakuan yang diberikan pada kedua kelompok ini terletak pada pelaksanaan tryout yang berbasis (CBT) dan berbasis kertas (PBT). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dari hasil analisis diketahui nilai Sig (0,000<0,05). Jadi, H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya ada perbedaan kesiapan siswa dalam menghadapi UNBK antara yang melaksanakan tryout CBT dan PBT. (2) Hasil pengukuran efektivitas diketahui Sig 0,000<0,05. Jadi, H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan keefektivan tryout ujian nasional berbasis CBT dan PBT untuk siswa kelas XII dalam menghadapi UNBK. Untuk tingkat efektivitas diketahui nilai M tryout CBT (31,14)>tryout PBT(21,09). Jadi, tryout CBT lebih efektif dibanding tryout PBT. (3) Hasil perhitungan korelasi diketahui sig (0,008<0,05). Jadi, H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan tryout ujian nasional berbasis CBT dan kesiapan siswa kelas XII dalam menghadapi UNBK. Kekuatan hubungan antara tryout CBT dan kesiapan siswa 0,439 yang termasuk dalam klasifikasi sedang, dan (4) Hasil analisis didapat Sig (0,961>0,05). Jadi, H0 diterima, artinya tidak terdapat hubungan tryout ujian nasional berbasis PBT dan kesiapan siswa kelas XII dalam menghadapi UNBK. Kata Kunci: Tryout, CBT, PBT, UNBK.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Date Deposited: 11 Jan 2019 03:52
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62397

Actions (login required)

View Item View Item