Pengaruh Motivasi Kerja Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Budaya Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Depok, Sleman

Parayuda, Rayina (2018) Pengaruh Motivasi Kerja Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Budaya Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Depok, Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rayina parayuda-14703254012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh motivasi kerja guru, kepemimpinan kepala sekolah, dan budaya sekolah terhadap disiplin kerja guru sekolah menengah atas di Kecamatan Depok, Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA Negeri di Kecamatan Depok, Sleman berjumlah 150 orang. Sampel berjumlah 108 orang dari 5 sekolah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Motivasi kerja guru memiliki pengaruh terhadap disiplin kerja guru Kecamatan Depok, Sleman. Nilai korelasi yang diperoleh sebesar 0,682 (p<0,05). Motivasi kerja guru memberikan sumbangan sebesar 46,5% terhadap disiplin kerja guru. (2) Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap disiplin kerja guru Kecamatan Depok, Sleman. Nilai korelasi yang diperoleh sebesar 0,701 (p<0,05). Kepemimpinan kepala sekolah memberikan sumbangan sebesar 49,1% terhadap disiplin kerja guru. (3) Budaya Sekolah memiliki pengaruh terhadap disiplin kerja guru Kecamatan Depok, Sleman. Nilai korelasi yang diperoleh sebesar 0,681 (p<0,05). Budaya sekolah memberikan sumbangan sebesar 46,3% terhadap disiplin kerja guru. (4) Motivasi kerja guru, kepemimpinan kepala sekolah, dan budaya sekolah secara bersamasama berpengaruh terhadap disiplin kerja guru di Kecamatan Depok. Nilai korelasi yang diperoleh sebesar 0,779 (p<0,05) dan secara bersama-sama memberikan sumbangan sebesar 60,7% terhadap disiplin kerja guru di Kecamatan Depok, Sleman. Kata Kunci: Motivasi kerja, kepemimpinan, budaya sekolah, disiplin kerja

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Date Deposited: 11 Dec 2018 00:30
Last Modified: 09 Dec 2022 06:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61836

Actions (login required)

View Item View Item