Pengaruh Kepuasan Kerja dan Pertisipasi dalam MGMP Terhadap Profesionalitas Guru dengan Self-efficacy Sebagai Variabel Intervening di SMA Islam Terpadu DIY

Istiqomah, Rinita (2018) Pengaruh Kepuasan Kerja dan Pertisipasi dalam MGMP Terhadap Profesionalitas Guru dengan Self-efficacy Sebagai Variabel Intervening di SMA Islam Terpadu DIY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rinita istiqomah-16703251020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pengaruh langsung kepuasan kerja; (2) pengaruh langsung partisipasi dalam MGMP; (3) pengaruh tidak langsung kepuasan kerja; (4) pengaruh tidak langsung partisipasi dalam MGMP; (5) pengaruh langsung self-efficacy guru; (6) pengaruh secara keseluruhan kepuasan kerja, partisipasi dalam MGMP dan self-efficacy guru terhadap profesionalitas guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasional. Populasi penelitian adalah 73 guru SMA IT di DIY dengan taraf kesalahan 5%. Instrumen yang digunakan adalah angket (rating scale) dengan interval dari 1 sampai 4. Validitas instrumen meliputi validitas logis dan validitas empiris yang dihitung dengan Pearson product moment correlation. Reliabilitas dihitung dengan teknik Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik analisis jalur menggunakan LISREL 8.80. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh negatif dan signifikan secara langsung kepuasan kerja terhadap profesionalitas guru sebesar 1,96 %; (2) terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan secara langsung partisipasi dalam MGMP terhadap profesionalitas guru sebesar 0,025%; (3) terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan secara tidak langsung kepuasan kerja terhadap profesionalitas guru sebesar 25,72%; (4) terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan secara tidak langsung partisipasi dalam MGMP terhadap profesionalitas guru sebesar 22,16%; (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara langsung self-efficacy guru terhadap profesionalisme guru sebesar 51,48 %; (6) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara keseluruhan antara kepuasan kerja, partisipasi dalam MGMP dan self-efficacy guru terhadap profesionalitas guru baik langsung maupun tidak langsung sebesar 67%. Kata Kunci: kepuasan kerja, partisipasi dalam MGMP, self-efficacy, profesionalisme guru, SMA Islam Terpadu

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Date Deposited: 24 Oct 2018 05:56
Last Modified: 09 Dec 2022 03:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60796

Actions (login required)

View Item View Item