Pengembangan Bahan Ajar Biologi Quipper School dengan Setting Blended Learning pada Materi Sistem Imun untuk Meningkatkan Manajemen Pembelajaran Guru dan Content Knowledge Siswa Kelas XI MIA

Sutisna, Sutisna (2018) Pengembangan Bahan Ajar Biologi Quipper School dengan Setting Blended Learning pada Materi Sistem Imun untuk Meningkatkan Manajemen Pembelajaran Guru dan Content Knowledge Siswa Kelas XI MIA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis Sutisna (16725251043) P. Biologi.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan bahan ajar biologi berbasis LMS quipper school pada materi sistem imun, (2) menegetahui efektifitas bahan ajar yang dikembangkan untuk meningkatkan manajemen pembelajaran guru dan meningkatkan content knowledge siswa kelas XI MIA, (3) mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap penggunaan LMS quipper school dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model DDR. Pengembangan produk dibatasi sampai pada tahap validasi dengan uji coba lapangan. Tahap validasi produk terdiri atas empat bagian yaitu model development, model validation internal, model validation external, dan model use. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Babakan, SMA Negeri 1 Sumber, dan SMA Negeri 1 Dukupuntang pada semester II tahun ajaran 2017/2018. Desain uji coba yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian kelayakan bahan ajar oleh seorang ahli materi, seorang ahli media, dan tiga orang guru mata pelajaran biologi, tes kognitif, angket respon peserta didik, dan kuesioner manajemen pembelajaran guru. Data content knowledge dianalisis menggunakan independent simple t-test dan manajemen pembelajaran guru menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk berupa bahan ajar biologi berbasis LMS quipper school yang dikemas dalam bentuk program web dengan alamat URL https://school.quipper.com/id/index.html., (2) bahan ajar yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan manajemen pembelajaran guru dan content knowledge siswa, (3) siswa kelas eksperimen merespon positif pelajaran biologi dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan tersebut. Kata Kunci : bahan ajar biologi, quipper school, blended learning, manajemen pembelajaran, content knowledge

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Date Deposited: 11 Oct 2018 01:28
Last Modified: 08 May 2019 10:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60468

Actions (login required)

View Item View Item