Pengembangan Bahan Ajar Cetak Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dalam Perspektif Komunikasi Visual Untuk Siswa Kelas V SD N Majatengah Banjarnegara

Pamungkas, Agung Satria (2018) Pengembangan Bahan Ajar Cetak Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dalam Perspektif Komunikasi Visual Untuk Siswa Kelas V SD N Majatengah Banjarnegara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis Ageng Satria Pamungkas - 15707251011.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan bahan ajar cetak mata pelajaran IPA kelas V SD ditinjau dari perspektif komunikasi visual, dan (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Majatengah Banjarnegara sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar cetak IPA. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Thiagarajan, dkk. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas empat prosedur pengembangan, yang meliputi: (a) define, (b) design, (c) develop, dan (d) disseminate. Subjek uji coba kelompok kecil adalah 6 siswa kelas V SD Negeri Majatengah Banjarnegara. Subjek uji coba lapangan terdiri dari 14 siswa kelas V SD Negeri Majatengah Banjarnegara. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket penilaian materi dan media, angket respon siswa, tes hasil belajar IPA. Teknik analisis data untuk kelayakan produk dengan cara mengubah data kuantitatif menjadi kualitatif dalam skala lima, dan analisis data untuk peningkatan hasil belajar menggunakan one-group pretest-posttest design dengan N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar cetak mata pelajaran IPA yang dihasilkan sangat layak ditinjau dari perspektif komunikasi visual. Hal tersebut berdasarkan hasil validasi ahli materi berkategori sangat layak (3,70 dari 4,00), hasil validasi ahli media berkategori sangat layak (3,74 dari 4,00), respon siswa pada uji coba kelompok kecil berkategori sangat layak (2,80 dari 3,00) dan uji coba lapangan berkategori sangat layak (2,89 dari 3,00). (2) Peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan produk berkategori tinggi. Hal tersebut berdasarkan hasil perolehan pre-test dan post-test siswa dengan N-gain sebesar 0,71 dan signifikansi sebesar 0,002. Kata Kunci: desain pesan, bahan ajar cetak, IPA, komunikasi visual

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Feb 2018 01:55
Last Modified: 09 May 2019 08:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55773

Actions (login required)

View Item View Item