Susanti, Septi Dewi (2017) INTEGRASI NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 13 YOGYAKARTA. S1 thesis, FIS.
|
Text
TAS Halaman Depan 13416241020.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
TAS BAB I 13416241020.pdf Download (150kB) | Preview |
|
Text
TAS BAB II 13416241020.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
||
|
Text
TAS BAB III 13416241020.pdf Download (161kB) | Preview |
|
Text
TAS BAB IV 13416241020.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
||
|
Text
TAS BAB V 13416241020 sampai Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Ringkasan-Septi Dewi Susanti-13416241020.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
Jurnal-Septi Dewi Susanti-13416241020.pdf Download (444kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) integrasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 13 Yogyakarta dan 2) nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 13 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah guru IPS, kepala sekolah dan siswa. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif model interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada: 1) proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 13 Yogyakarta tidak mengintegrasikan nilai-nilai demokrasi. Hal ini karena dalam pelaksanaan proses pembelajaran tidak dirancang untuk mengintegrasikan nilai-nilai demokrasi yang terdiri dari menyelesaikan pertikaian secara damai, menyelesaikan persoalan secara damai, berpartisipasi dalam proses politik, pengakuan terhadap nilai keanekaragaman, menegakan keadilan (persamaan) dan memajukan ilmu pengetahuan (mengembangkan potensi, kreativitas dan inovasi); 2) Nilai-nilai demokrasi yang terdiri dari menyelesaikan pertikaian secara damai, menyelesaikan persoalan secara damai, berpartisipasi dalam proses politik, pengakuan terhadap nilai keanekaragaman, menegakan keadilan (persamaan), serta memajukan ilmu pengetahuan (mengembangkan potensi, kreativitas dan inovasi) tidak diintegrasikan dalam proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 13 Yogyakarta. Kata Kunci: Integrasi, Nilai-nilai Demokrasi, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 01:00 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53740 |
Actions (login required)
View Item |