Patria Putri Trengginas, Patria Putri Trengginas (2013) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH 4 KLATEN TENGAH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
RPP ATLETIK TOLAK PELURU.doc Download (73kB) |
|
Text
RPP HIV-AIDS klz XI.docx Download (28kB) |
|
Text
RPP LARI SPRINT.doc Download (93kB) |
|
Text
RPP NARKOBA.doc Download (66kB) |
|
Text
RPP pola hidup sehat klz XI.docx Download (32kB) |
|
Text
RPP SMK SEPAK BOLA.docx Download (38kB) |
|
Text
RPP VOLI.doc Download (106kB) |
|
Text
RPPLARI ESTAFET.doc Download (94kB) |
|
Text
cover.rtf Download (575kB) |
|
Text
laporan dana PPL (patria).rtf Download (636kB) |
|
Text
laporan mingguan pelaksanaan PPL (PATRIA).rtf Download (757kB) |
|
Text
LEMBAR OBSERVASI (patria).rtf Download (663kB) |
|
Text
matrik PPL (patria).rtf Download (761kB) |
|
Text
PERHITUNGAN JAM EFEKTIF jos.rtf Download (135kB) |
|
Text
SILABUS (patria).docx Download (36kB) |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2013 ini adalah di SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah. Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama pelaksanaan PPL meliputi praktik mengajar. Pada kegiatan praktik mengajar, mahasiswa terjun langsung atau tatap muka langsung dengan siswa di dalam kelas. Penerjunan mahasiswa di lingkungan masyarakat sekolah, bertujuan agar mahasiswa tersebut mendapat pengalaman tentang pelaksanaan pembelajaran dan kegiatan lain yang berhubungan dengan pembelajaran. Dengan demikian, mahasiswa dapat menggunakan pengalaman yang telah diperoleh sebagai bekal dalam membentuk norma profesional, pedagogik, interpersonal, dan intrapersonal. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan berjalan dengan baik dan memenuhi beban delapan RPP yang diberikan. Akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatan-hambatan. Hambatan terbesar dalam hal pengelolaan waktu. Beberapa kali jadwal KBM terpaksa harus ditiadakan karena adanya kegiatan di sekolah. Dengan demikian solusi yang dimunculkan dalam menghadapi hambatan tersebut adalah dengan mengajarkan materi satu RPP hanya satu kali tatap muka (2x45 menit). Dengan adanya kegiatan PPL ini, diperoleh pengalaman nyata yang dapat menjadi landasan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya dalam dunia pendidikan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 15 Aug 2017 04:03 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52094 |
Actions (login required)
View Item |