Habellia, Ray Cinthya (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS SCIENTIFIC METHOD UNTUK MENINGKATKAN HOTS DAN MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL PADA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN. S1 thesis, FMIPA UNY.
|
Text
1. ABSTRAK.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (728kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (328kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan bahan ajar IPA berbasis scientific method yang layak digunakan untuk meningkatkan high order thingking skill (HOTS) dan mengembangkan sikap sosial pada materi tekanan zat dan penerapannya; (2) mengetahui peningkatan HOTS siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan bahan ajar IPA hasil pengembangan; (3) mengetahui perkembangan sikap sosial siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan bahan ajar IPA hasil pengembangan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate) oleh Thiagarajan (1987). Tahap Define meliputi analisis awal, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Tahap Design meliputi penyusunan instrumen, pemilihan media, pemilihan format, dan penyusunan rancangan awal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar validasi bahan ajar IPA, soal pretest dan postest, lembar obsrervasi sikap sosial siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan metode saintifik. Tahap Develop meliputi penilaian dosen ahli dan guru IPA serta uji coba. Bahan ajar IPA yang telah divalidasi, diuji coba ke siswa VIIIE SMP N 7 Yogyakarta. Dari hasil uji coba didapatkan data peningkatan kemampuan HOTS dan perkembangan sikap sosial siswa. Peningkatan HOTS siswa diketahui melalui perhitungan gain score pretest dan postest siswa dan signifikansi peningkatannya diketahui melalui uji wilcoxon. Sedangkan perkembangan sikap sosial siswa diketahui melaui perhitungan selisih persentase sikap sosial siswa dari pertemuan satu ke pertemuan lima. Tahap Disseminate meliputi penyebaran produk akhir secara terbatas kepada guru IPA Kelas VIII di SMP N 7 Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) telah dihasilkan bahan ajar IPA berbasis scientitif method yang layak digunakan untuk meningkatkan HOTS dan mengembangkan sikap sosial dalam pembelajaran IPA dengan skor rata-rata 147,5 nilai B yang masuk dalam kategori baik.; (2) HOTS siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan bahan ajar IPA hasil pengembangan meningkat dengan rata-rata gain score adalah 0,45 yang masuk dalam kategori sedang; dan (3) sikap sosial kerjasama siswa mengalami perkembangan dari 58,2% menjadi 79,4% atau dari kategori kurang menjadi baik dan sikap sosial tanggung jawab siswa mengalami perkembangan dari 60,6% menjadi 78,2% atau dari kategori kurang menjadi baik setelah mengikuti pembelajaran menggunakan bahan ajar IPA. Kata Kunci : Bahan Ajar, Scientific method, HOTS, Sikap Sosial The aims of this research are (1) determine the feasibility of teaching materials based on scientific methods that are feasible to improve high order thingkin skill (HOTS) and developing social attitudes of learners from the aspect of the content/materials, components of language and images, aspects of the presentation, and graphic aspect; (2) determine the improvement of HOTS after participating in learning using teaching materials in the subject matter of pressure and its daily life application; (3) determine the development of social attitude after participating in learning using teaching material in the subject matter of pressure and its daily life application. The research used 4D model (Define, Design, Develop, and Disseminate) by Thiagarajan (1987). In the define phase there are steps taken include the activities of the front-end analysis, learners analysis, task analysis, concept analysis, and specifying instructional objectives. At the Design stage there are four steps undertaken include the constructing criterio-reference tests, media selection, format selection, and initial design. At develop phase, teaching materials produced assessed by consultans and then assessed by expert (expert lecturer and science teacher). Teaching materials products that has been validated then tested to students VIIIE SMP N 7 Yogyakarta. From the test results obtained improvement of capability HOTS and students social attitude. Improvement of HOTS known by analized of the pretest and posttest result and use paired t-test to known signification score of pretest and postest. While the development of students' social attitude known through calculation of the percentage difference between the social attitudes of students from first meeting to last meeting. Disseminate phase includes the deployment of the final product are limited to the Eighth Grade Science teacher at SMP N 7 Yogyakarta. The results of this research are (1) produced teaching material based on scientific method to improve hots and develop social attitude in the subject matter of pressure and its daily life application feasible with a score of 147.5 with good category (B); (2). HOTS increased by an average of gain score is 0.45, included in the moderate category; (3) social attitude of cooperation develop from 58.2% to 79.4% and attitude of reponsibilyty develop from 60.6% to 78.2%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teaching material, scientific method, HOTS, social attitudes |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPA FMIPA |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 02:18 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 13:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48853 |
Actions (login required)
View Item |