Denok Diahpratiwi, Denok Diahpratiwi (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
COVER.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I-3 PPL DENOK.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
25. Silabus IPS SMP_versi 120216.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
Catatan harian PPL (Denok) scan.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pengembalian hasil ulangan.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
daftar siswa yang hadir ulangan harian.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
DOUMENTASI INDIVIDU PPL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
jadwal mengajar.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
kartu bimbingan.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
LAPORAN DANA PELAKSANAAN PPL scan.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR OBSERVASI PEMBELAJARAN.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
MATRIKS PROGRAM KERJA PPL denok scan.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
pembagian tgs dan jadwal 2016.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
PROGRAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
PROGRAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
PROGRAM TAHUNAN.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
PROMES.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
RPP PRINT.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
ULANGAN BAB 7B.pdf Download (184kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman lapangan (PPL) merupakan suatu program terpadu yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa kependidikan di UNY. Program PPL ini merupakan sarana pengaplikasian ilmu yang telah diperoleh mahasiswa di bangku kuliah. Selain itu, program PPL ini merupakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat yang dalam hal ini adalah sekolah. Dalam hal ini masyarakat sekolah turut membantu serta mendukung pengembangan sekolah melalui program PPL. Program PPL di SMP Negeri 3 Pajangan dimulai sejak 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Adapun pelaksanaan program PPL tersebut meliputi observasi sekolah, observasi kelas, persiapan mengajar, penyusunan silabus dan RPP, praktik mengajar, pelaksanaan piket di sekolah, pelaksanaan piket guru, serta kegiatan- kegiatan lain yang bertujuan untuk mengembangkan diri mahasiswa agar siap menjadi tenaga pendidik yang berkualitas di masa mendatang. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyaiapkan perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Praktik mengajar mulai dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2016 sampai 29 Agustus 2016. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial diberi kesempatan untuk mengajar di kelas VII B, khususnya kelas VII B dengan alokasi waktu 2x40 menit setiap pertemuan. Permasalahan yang ditemui mahasiswa PPL di SMP Negeri 3 Pajangan adalah masalah pengelolaan kelas dan penguasaan materi kurikulum yang masih membutuhkan strategi khusus. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengeolaan kelas. Mahasiswa dapat mengembangkan ilmu serta keterampilan mengajar yang dimiliki sesuai bidang keilmuan yang ditempuh. Pengelolaan kelas sangat perlu ditingkatkan agar siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan baik. Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan kelas diantaranya adalah membangun komunikasi yang baik antara mahasiwa PPL dengan siswa-siswa, sehingga terjalin kerjasama antara guru dan siswa ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, pembelajaran, siswa. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 21 Mar 2017 00:13 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48173 |
Actions (login required)
View Item |