Nurahmawati, Afrilida (2016) STUDI KASUS TENTANG MOTIVASI BELAJAR SISWA SLOW LEARNER DI KELAS III SD INKLUSI KARANGREJEK 2 WONOSARI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, PGSD.
Text
Afrilida Nurahmawati.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa slow learner di kelas III SD Karangrejek 2 Wonosari Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek Penelitian ini adalah siswa slow learner di kelas III SD Karangrejek 2. Pengumpulan metode pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber yaitu guru kelas, siswa slow learner, dan orang tua siswa slow learner. Data dianalisis dengan menggunakan teknis analisis data interactive model mencakup langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini mendeskripsikan motivasi belajar siswa slow learner dilihat dari motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik siswa slow learner yaitu memiliki keinginan untuk berprestasi, memiliki dorongan untuk belajar dengan cara bertanya kepada orang lain ketika kesulitan memahami materi, memiliki cita-cita dan rencana masa depan. Motivasi ekstrinsik siswa slow learner yaitu lebih rajin belajar ketika ada hadiah, lebih rajin belajar dengan kondisi lingkungan yang mendukung untuk belajar, dan lebih rajin belajar dengan kegiatan belajar yang menarik. Kata kunci : motivasi belajar, siswa slow learner
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 15 Dec 2016 00:51 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44687 |
Actions (login required)
View Item |