PENGEMBANGAN MODEL IMPLEMENTASI ALFHE (ACTIVE LEARNING FOR HIGHER EDUCATION) DALAM KERANGKA ACUAN KERJASAMA INTERNASIONAL UNY, DBE2, DAN USAID

Dr. Dadan Rosana,, . (2010) PENGEMBANGAN MODEL IMPLEMENTASI ALFHE (ACTIVE LEARNING FOR HIGHER EDUCATION) DALAM KERANGKA ACUAN KERJASAMA INTERNASIONAL UNY, DBE2, DAN USAID. [Experiment/Research]

[img] Text
09_Dadan_Rosana.doc

Download (51kB)

Abstract

USAID melalui Program DBE 2 telah bekerjasama dengan Pemerintah Republik Indonesia sejak tahun 2005 dan kerjasama ini akan berlangsung hingga akhir bulan September 2010. Di tingkat Pusat USAID/DBE 2 bermitra dengan Kementerian Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia, Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Agama, dan Instansi Pemerintah Republik Indonesia lain yang terkait. Dalam rangka membantu meningkatkan mutu pendidikan dasar di Indonesia, DBE 2 telah bekerjasama dengan 14 perguruan tinggi mitra di Indonesia yang salah satunya adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan 3 perguruan tinggi mitra di Amerika Serikat (Florida State University, University of Pittsburgh, dan University of Massachusetts), dalam kegiatan merancang dan mengembangkan paket-paket pelatihan, melaksanakan riset, pelatihan dan pendampingan serta memberikan pengakuan SKS atas paket-paket pelatihan tersebut. Tujuan umum dari penelitian yang menitik beratkan pada kerjasama antar lembaga ini, sesuai dengan peran Perguruan Tinggi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sedangkan tujuan khususnya adalah; (1) Meningkatkan kompetensi profesional staf pengajar di UNY melalui TOT ALFHE untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dasar tentang pembelajaran aktif di perguruan tinggi, dan (2) Melaksanakan TOT ALFHE di UNY terhadap 30 orang dosen pengajar kelas internasional dan dosen dari fakultas lain dalam rangka roll-out dengan menerapkan prinsip-prinsip pelatihan dan pembelajaran aktif, menggunakan seluruh kurikulum, materi dan metoda dalam ALFHE yang telah dilatihkan, (3) Mengembangkan model implementasi ALFHE di beberapa fakultas di UNY, dan (4) Melakukan evaluasi pelaksanaan ALFHE secara terintegrasi dengan melibatkan tim ahli dari DBE2 dan USAID. Tahapan penelitian yang telah dilakukan adalah sebagai berikut; (1) peningkatan kompetensi dosen pengajar kelas internasional di FMIPA UNY melalui pelaksanaan TOT Pembelajaran Aktif untuk Perguruan Tinggi (ALFHE), dan implementasi secara keseluruhan oleh 4 orang dosen di 3 Fakultas (meliputi: Pelatihan Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi/ALFHE, kegiatan pelaksanaan ALIHE dan pendampingan, Kegiatan penilaian dokumen portofolio hasil penerapan pembelajaran aktif di kelas dan umpan balik mahasiswa) dan (2) Pelaksanaan roll-out Program Paket TOT ALFHE. Roll-out melalui pengimplementasian seluruh paket TOT ALFHE di perguruan tinggi, pelatihan dilakukan oleh 30 orang staf pengajar dengan menggunakan materi pelatihan yang sama dengan materi yang diberikan oleh DBE2 dan dilaksanakan dengan strategi pelatihan aktif. Luaran dari penelitian ini berupa kerjasama dengan DBE2-USAID mulai dari TOT dosen yang ditunjukkan dengan dokumen KAK (Kerangka Acuan Kerjasama), pelaksanaan, coaching dan mentoring, sampai pada rool out dan seminar nasional (2 naskah prosiding). Hasil penelitian pada tahapan real teaching menunjukkan terdapat peningkatan dari tinjauan keberhasilan proses yaitu aktivitas, kemandirian belajar, dan kreatifitas serta dari keberhasilan produk dari peningkatan kemampuan kognitif yang signifikan setelah dilihat disparitasnya antara kondisi sebelum penerapan model implementasi ALFHE dan sesudah implementasi ALFHE

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 21 Jun 2012 01:53
Last Modified: 11 Sep 2012 12:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/426

Actions (login required)

View Item View Item