Lionita Inka Tastama, Lionita Inka Tastama (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA Negeri 2 YOGYAKARTA Jln. Bener, Tegalrejo, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Laporan PPL LIONITA INKA_11202244039_Pend. Bahasa Inggris_FBS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh dalam setiap jenjang S-1 kependidikan. PPL yang berhubungan langsung dengan peserta didik merupakan implementasi nyata dari mata kuliah Micro Teaching yang telah diajarkan dan merupakan tempat untuk menerapkan dan mentransfer ilmu yang selama ini telah dipelajari. Sebelum pelaksanaan PPL, pembekalan PPL dilaksanakan agar mahasiswa mempunyai gambaran dalam pelaksanaan PPL di sekolah. Selain itu, mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan observasi proses pembelajaran di kelas sebelum penerjunan PPL. Observasi pra-PPL menyangkut perangkat pembelajaran (meliputi kurikulum, silabus, dan RPP), proses pembelajaran (meliputi cara membuka pelajaran, menyajikan materi, metode pembelajaran, penggunaan bahasa, penggunaan waktu, gerak, cara memotivasi siwa, teknik bertanya, teknik penguasaan kelas, penggunaan media, bentuk dan cara evaluasi, serta menutup pelajaran), dan perilaku siswa, baik di dalam maupun di luar kelas. Dalam pelaksanaan PPL, penulis mencoba mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahliannya yaitu Bahasa Inggris. Pembagian jadwal mengajar disesuaikan dengan jumlah guru masuk kelas tiap kelasnya. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa rencana pembelajaran dan pembuatan media yang sesuai dan memang dibutuhkan dalam usaha memperlancar proses belajar mengajar. Model rencana pembelajaran disesuaikan dengan permintaan lapangan. Semua kegiatan PPL secara keseluruhan dapat dilaksanakan oleh penulis. Kegiatan PPL menyangkut observasi dalam kelas, mengajar, dan evaluasi. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 8 kali di kelas X IIS yang dimulai pada tanggal 18 Agustus sampai dengan 10 September 2014 dengan kegiatan tatap muka sebanyak 2 kali pertemuan tiap minggu pada hari Senin dan Rabu. Setiap pertemuan berdurasi dua jam pelajaran (satu jam pelajaran adalah 45 menit). Namun, ada satu kali pelajaran yang berdurasi 1 jam pelajaran. Sebelumnya penulis membuat persiapan (perangkat pembelajaran) yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan Praktik Pengalaman Lapangan ini penulis mendapat pengalaman dalam pembelajaran secara nyata di dalam kelas beserta permasalahan kependidikan di sekolah
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 03:48 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:02 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37879 |
Actions (login required)
View Item |